Piala Dunia 2026

FIFA Rilis Format Baru, Piala Dunia 2026 Diikuti 48 Tim dan 104 Pertandingan

Federasi sepak bola dunia, FIFA resmi menetapkan ajang Piala Dunia 2026 mendatang akan menggunakan format baru yang akan diikuti 48 tim dan menyuguhkan 104 laga

Featured-Image
FIFA terapkan format baru, Piala Dunia 2026 diikuti 48 tim dan total 104 pertandingan (Foto: dok. FIFA)

bakabar.com, JAKARTA – Federasi sepak bola dunia, FIFA resmi menetapkan ajang Piala Dunia 2026 mendatang akan menggunakan format baru yang akan diikuti 48 tim dan menyuguhkan 104 pertandingan.

Format baru tersebut disetujui oleh FIFA dalam sebuat rapat dewan FIFA yang digelar di Kigali, Rwandal pada Rabu (15/3).

“Komite FIFA sepak menerima proposal perubahan format kompetisi Piala Dunia 2026,” demikian tulis pernyataan resmi FIFA dikutip dari Antara.

“Dari 16 grup berisikan tiga pertandingan menjadi 12 grup berisikan empat tim dengan dua tim teratas serta delapan peringkat ketiga terbaik lolos ke babak 32 besar,” lanjut pernyataan FIFA.

Baca Juga: Leg Kedua Liga Champions, Napoli Pantang Remehkan Eintracht Frankfurt

Lebih lanjut, terkait dengan format baru itu, FIFA mengatakan hal tersebut dilakukan untuk meminimalisir risiko setiap pertandingan dan memberikan waktu istirahat yang lebih untuk setiap tim.

“Format ini dilaukan untuk meminimalisir risiko dan memastikan semua tim minimal bermain tiga laga, sekaligus memberikan waktu istirahat yang cukup untuk tim peserta,” jelas FIFA.

Perubahan format menjadi 48 tim ini adalah yang pertama sejak format 32 tim diperkenalkan di Piala Dunia 1998 silam.

Pada ajang Piala Dunia 2022 lalu, sebanyak 32 tim yang berlaga menghabiskan waktu total 29 hari untuk menuntaskan gelaran terbesar sepak bola dunia tersebut.

Sedangkan, untuk Piala Dunia 2026 mendatang, waktu perhelatannya akan ditambah sepuluh hari menjadi waktu total 39 hari.

Baca Juga: Real Madrid vs Liverpool, Misi Gila Klopp Bawa The Reds Singkirkan Los Blancos

Sementara itu, gelaran Piala Dunia 2026 juga menjadi yang pertama kali digelar di tiga negara yakni Amerika Serikat, Kanada dan Meksiko.

Sebelumnya FIFa mengusulkan Piala Dunia 2026 menggelar total 80 pertandingan, namun akhirnya ditambah menjadi 104 pertandingan.

Menurut FIFA, awalnya mereka akan menggunakan format satu grup berisikan tiga tim, tetapi usulan itu dibatalkan karena khawatir ada jadwal yang bentrok.

Lebih lanjut, untuk Piala Dunia edisi mendatang, nantinya akan terdapat 24 tim yang lolos dari posisi dua besar serta delapan tim dari peringkat ketiga terbaik.

Editor


Komentar
Banner
Banner