Sepak Bola Internasional

FIFA dan ECA Sepakati Dana Kompensasi Baru di Piala Dunia

FIFA menambah kompensasi untuk klub-klub yang melepas pemainnya ke kompetisi Piala Dunia pria untuk tahun 2026 dan 2030.

Featured-Image
Ketua ECA Nasser Al-Khelaifi (kiri) dan Presiden FIFA Gianni Infantino (kanan) sepakati MOU kompensasi Piala Dunia. (Foto: dok. Fifa)

bakabar.com, JAKARTA - FIFA menambah kompensasi untuk klub-klub yang melepas pemainnya ke kompetisi Piala Dunia pria untuk tahun 2026 dan 2030.

FIFA dan asosiasi sepak bola Eropa (ECA) sepakat untuk menambah kompensasi sebesar hampir 70% menjadi $355 juta. 

Sebelumnya, di Piala Dunia 2018 dan 2022 para klub yang melepas pemainnya mendapat kompensasi $209 juta. 

Kesepakatan baru ini ditandangani oleh kedua badan sepak bola tersebut pada Senin (27/3) di Budapest, Hungaria markas ECA. 

Baca Juga: Asprov PSSI Bali Berharap Indonesia Tetap jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20

"Kami sangat senang dapat menandatangani perjanjian penting ini," kata Ketua ECA, Nasser Al-Khelaifi dikutip dari espn. 

"MoU ini mengakui peran sentral klub dalam sepak bola secara global dan memastikan bahwa mereka terwakili dengan baik dalam pengambilan keputusan seputar isu-isu yang mempengaruhi mereka."

Di awal bulan Maret, FIFA juga merilis penambahan peserta menjadi 32 tim di Piala Dunia Antarklub mulai 2025 setelah sebelumnya diikuti tujuh peserta. 

Keputusan itu ditentang oleh beberapa pihak termasuk Liga Spanyol, namun FIFA dan ECA sudah bulat untuk menerapkan sistem baru tersebut. 

Baca Juga: Chelsea Siapkan Dana Tak Terbatas Demi Victor Osimhen

"FIFA dan ECA juga akan membangun praktik kerja yang lebih erat untuk Piala Dunia Antarklub yang baru di masa depan, dan bekerja sama dalam edisi-edisi berikutnya, termasuk dalam hal struktur potensial untuk mengelola hak-hak komersial di masa depan," tambah pernyataan ECA. 

Selain itu, FIFA juga merilis agenda internasional baru, dan presiden FIFA Gianni Infantino mengklaim sudah mendapat persetujuan dari ECA. 

"Dengan adanya Kalender Pertandingan Internasional yang baru yang telah disahkan oleh ECA, memberikan keseimbangan yang diperlukan antara sepak bola klub dan tim nasional," tambah Infantino.

"Kami memiliki proyek-proyek menarik ke depan, termasuk Piala Dunia Klub FIFA yang baru pada tahun 2025 dan Piala Dunia Klub wanita FIFA yang baru. Kolaborasi yang erat dengan klub-klub di Eropa, dan seluruh dunia, akan sangat penting untuk kesuksesan acara-acara tersebut,"pungkasnya.

Editor
Komentar
Banner
Banner