Satgas Mafia Bola

Faktor Independensi, Alasan Najwa Shihab Gabung Satgas Mafia Bola

Jurnalis sekaligus pecinta sepak bola tanah air, Najwa Shihab membeberkan alasannya gabung dengan Satuan Tugas (Satgas) Mafia Bola bentukan PSSI.

Featured-Image
Najwa Shihab gabung tim Satgas independen mafia bola bentukan PSSI (Foto: apahabar.com/Bambang)

bakabar.com, JAKARTA – Jurnalis sekaligus pecinta sepak bola tanah air, Najwa Shihab membeberkan alasannya gabung dengan Satuan Tugas (Satgas) Mafia Bola bentukan PSSI.

Dirinya menjelaskan alasan utama ikut andil tim satgas pembenahan sepak bola karena tim ini akan berdiri independensi meskipun dibentuk oleh federasi sepak bola Indonesia (PSSI).

“Ketika diminta Mas Erick (Ketum PSSI), yang pertama kali saya tanyakan, apakah ini independent dan diberikan oleh Mas Erick jaminan independensi,” ungkap Najwa saat konferensi pers perkenalan tim satgas mafia bola, di Jakarta, Rabu (20/9).

Ia menambahkan, satgas independensi mafia bola ini nantinya tidak dapat diintervensi oleh siapapun, termasuk dari PSSI sekalipun.

Baca Juga: PSSI Bentuk Satgas Independen Mafia Bola, Ada Najwa Shihab

Sebab menurutnya, independensi ini merupakan nilai yang sangat krusial. Terlebih, dalam membongkar sekaligus membenahi persepakbolaan tanah air yang kerap dijajaki mafia.

Bahkan Najdwa juga mengatakan Ketum PSSI Erick Thohir pun juga turut mempersilahkan satgas mendalami apabila nantinya terdapat indikasi pengurus maupun pimpinan PSSI yang terlibat praktik mafia bola.

“Itu yang diberikan jaminan oleh Mas Erick, bahkan tadi sampai sejauh kalau ada indikasi keterlibatan, bukan hanya pengurus saat ini, bahkan Ketum PSSI sendiri secara terbuka diperiksa,” tuturnya.

Baca Juga: Wakapolda Metro Jaya Buka Suara Soal Pengaktifan Satgas Mafia Bola

Di sisi lain, Najwa juga mengatakan keterbukaan yang dilakukan oleh PSSI di kepengurusan saat ini merupakan bentuk perubahan bagi tata kelola federasi sepak bola nasional.

Sebab menurutnya, PSSI dibawah kepemimpinan Erick Thohir berbeda dengan PSSI di masa sebelumnya yang terkesan selalu menutup diri.

“Yang dulu-dulu federasinya menutup diri dan menganggap ini urusan hanya football family. Jadi kalau yang dulu-dulu, PSSI itu kalau dilaporkan kasus, tendensinya malah melaporkan balik,” jelasnya.

Presenter sekaligus jurnalis, Najwa Shihab ini memang terbilang sangat vokal terkait dengan permasalahan sepak bola nasional.

Baca Juga: Pengamat Sepakbola: PSSI Harus Segera Bentuk Tim Pencari Fakta Mafia Wasit

Ia juga bahkan sempat mengkritik mafia bola yang menggerogoti sepak bola tanah air melalui kerja-kerja jurnalistiknya untuk pembenahan sepak bola Indonesia.

Kini, Najwa bergabung dengan tim Satgas independen mafia bola yang diketuai oleh Maruarar Sirait sekaligus bersama pengamat sepakbola dari Save Our Soccer (SOS) Akmal Marhali dan Ardan Adiperdana mantan Kepala BPKP.

Editor


Komentar
Banner
Banner