Distribuso Elpiji 3 Kg

ESDM Akan Lakukan Transformasi Subsidi Gas Elpiji 3 Kg

Kementerian ESDM akan melakukan transformasi terhadap subsidi gas elpiji 3 kg agar lebih tepat sasaran. Mereka akan memdata pengguna elpiji 3 kg.

Featured-Image
Petugas sedang melakukan pengisian gas LPG bersubsidi 3 kilogram. Foto: Pertamina Patra Niaga.

bakabar.com, JAKARTA - Kementerian ESDM akan melakukan transformasi terhadap subsidi gas elpiji 3 kg agar lebih tepat sasaran. Tahap awalnya dengan mendata pengguna elpiji 3 kg.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Tutuka Ariadji mengatakan, pendataan konsumen elpiji subsidi itu merupakan tindak lanjut Nota Keuangan Tahun Anggaran 2023. Kebijakan itu sebagai amanat pemerintah untuk melakukan transformasi subsidi untuk kalangan menengah.

"Transformasi subsidi elpiji 3 kg menjadi berbasis target penerima dan terintegrasi dengan program perlindungan sosial secara bertahap dengan mempertimbangkan pemulihan ekonomi dan daya beli masyarakat," ujar Tutuka dalam keterangannya, Jumat (4/8).

Baca Juga: Transformasi Subsidi, Kementerian ESDM Mendata Pengguna Elpiji 3 Kg

Tahap pendataan lanjutan para konsumen dilakukan di Pangkalan elpiji. Mereka hanya perlu menunjukkan KTP atau Kartu Keluarga untuk diinput ke dalam sistem. Setelah terdata, konsumen hanya perlu mengeluarkan KTP untuk transaksi.

"Adapun bagi konsumen kelompok Usaha Mikro diperlukan data tambahan berupa foto diri di tempat usaha," paparnya.

Adapun tiga kelompok masyarakat yang berhak menerima gas subsidi tersebut. Tegasnya, yakni rumah tangga dan usaha mikro, nelayan hingga petani sasaran.

Hal itu sesuai dengan ketentuan Peraturan Presiden Nomor 104 Tahun 2007 dan Nomor 38 Tahun 2019. Untuk tindak lanjut, sambung Tutuka, diterbitkan Keputusan Menteri ESDM Nomor 37.K/MG.01/MEM.M/2023 tentang Petunjuk Teknis Pendistribusian Isi Ulang Liquefied Petroleum Gas Tertentu Tepat Sasaran.

Baca Juga: Elpiji 3 Kg, AAKI: Pertamina Amankan Pasokan Melalui Operasi Pasar

Serta, lanjutnya, Keputusan Dirjen Migas Nomor 99.K/MG.05/DJM/2023 tentang Penahapan Wilayah dan Waktu Pelaksanaan Pendistribusian Isi Ulang Liquefied Petroleum Gas Tertentu Tepat Sasaran.

Menurutnya, proses transformasi tentunya tidak semudah membagikan telapak tangan. Sebab akan ada banyak tantangan tersendiri di lapangan nantinya.

"Untuk itu, Pemerintah mengharapkan dukungan dari semua pihak dalam pelaksanaan transformasi pendistribusian LPG Tabung 3 Kg yang tepat sasaran," pungkasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner