Peristiwa & Hukum

Empat Bangunan Hangus Terbakar di Cempaka Putih Banjarmasin

Kebakaran terjadi di kawasan Jalan Cempaka Putih, Gang Limau RT 8, Kelurahan Kebun Bunga, Banjarmasin Timur, Sabtu (9/12). Sekitar pukul 14.30 Wita.

Featured-Image
Kebakaran terjadi di kawasan Jalan Cempaka Putih, Gang Limau RT 8, Kelurahan Kebun Bunga, Banjarmasin Timur, Sabtu (9/12). Sekitar pukul 14.30 Wita. Foto-apahabar.com/Amrullah.

bakabar.com, BANJARMASIN - Musibah kebakaran menimpa warga Jalan Cempaka Putih, Gang Limau RT 8, Kelurahan Kebun Bunga, Banjarmasin Timur, Sabtu (9/12) sekitar pukul 14.30 Wita.

Sedikitnya empat bangunan hangus terbakar. Menurut warga setempat, Ifan (48) mengatakan, asal mula api tersebut bermula dari depan rumahnya.

“Saat saya sedang duduk di depan rumah. Tiba-tiba melihat api membesar begitu saja di bagian tengah rumah,” ungkap Ifan.

Namun, ia menyebutkan, bangunan yang terbakar itu sudah lama kosong, tapi listriknya tetap ada. "Rumah itu tak ada penghuninya, tapi listriknya tetap ada,” tambahnya.

Rumah serta sekolah yang sudah kosong di sampingnya itu, kata Ifan milik Yayasan Kebun Bunga. "Sekolah itu sudah kosong, milik Yayasan Kebun Bunga. Bangunannya pun juga sudah bertahun-tahun,” tuturnya.

Bangunan yang terdiri dari kayu itu diduga terbakar akibat korsleting listrik. "Kejadian ini menduganya listrik aja, soalnya tidak ada penghuninya," tuturnya.

Sementara itu, Kalak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjarmasin, Husni Thamrin menyebutkan, kebakaran itu menghanguskan empat buah bangunan.

"Menghanguskan 4 buah bangunan, 2  yayasan rusak berat, dan 2 buah bangunan rumah rusak ringan," katanya.

Thamrin mengungkapkan, pihaknya tidak ada kendala selama melakukan penyemprotan. "Waktu giat kita kurang lebih satu jam dari 15.00 sampai 16.10 Wita," tambahnya.

Usai melakukan pemadaman, pihaknya masih melakukan penyelidikan terkait penyebab kebakaran itu.

"Masih kita lakukan penyelidikan dan kerugian para korban kita masih pendataan," pungkasnya.

Berikut data penilik bangunan kebakaran di Cempaka Putih GG. Limau Rt 8 Rw 01, Kel. Kebun Bunga Kec. Banjarmasin Timur.

1. Pa Hamdan 1 kk 3 jiwa (20%)

2. Pa zulfan  1 kk 5 jiwa (10%)

3. Yasasan kebun bunga( 100 %)

4. Yayasan kebun bunga(100%)

Baca Juga: Nyaris Terbakar, Warung Makan di Banjarmasin Tutup Sementara

Editor
Komentar
Banner
Banner