Hot Borneo

Duka Lebaran di Mabuun Tabalong, Polisi Beberkan Kronologi Kebakaran

H+1 lebaran Idulfitri terjadi kebakaran di Kelurahan Mabuun RT 02, Murung Pudak,Tabalong.

Featured-Image
Polisi melakukan olah tempat kejadian kebakaran di Mabuun Tabalong. Foto-Humas Polres Tabalong

bakabar.com,TANJUNG - H+1 lebaran Idulfitri terjadi kebakaran di Kelurahan Mabuun RT 02, Murung Pudak,Tabalong.

Kebakaran tersebut menimbulkan duka bagi para korban, apalagi musibah tersebut menghanguskan rumah dan sejumlah kios di antaranya menjual Bahan Bakar Minyak (BBM).

Selain itu, tujuh kendaraan roda dua juga turut terbakar pada Minggu (23/4) pagi.

Lantas apa yang menjadi penyebab kebakaran tersebut?

Kapolres Tabalong AKBP Anib Bastian melalui PS Kasi Humas,Iptu Sutargo, membeberkan, kebakaran terjadi sekitar pukul 07.50 WITA.

Ada 4 bangunan rumah dan kios yaitu rumah  Lily Fitriani (47), Elsye Derek (63),Khairul (67).

Kemudian, kios yang disewa Tomson Nababan (47), Hadi Ismanto (39),Sunandar (39), Iskandar (40) dab Indra (40).

Terkait kronologi kebakaran, Sutargo, menjelaskan, dari keterangan saksi korban,Hadi Ismanto,sebelum kebakaran dirinya sedang makan di dalam kiosnya.

Saat itu dirinya mendengar suara istri Tomson Nababan berteriak minta tolong. Mendengar itu saksi keluar dan melihat api sudah membakar sepeda motor Thunder milik Tomson Nababan.

"Melihat itu saksi pergi ke dalam Kios untuk mengambil air menggunakan ember, setelah keluar api sudah membesar membakar bagian kios Tomson Nababan," terang Sutargo.

Sementara dari keterangan saksi, Fatmawati, sekitar pukul 07.45 WITA dirinya melintas di depan kios Tomson Nababan, melihat api telah membakar motor Tomson.

Melihat itu dirinya berniat untuk mengambil Alat Pemadam Api Ringan (Apar) di Posko UPBS Prema, saat mau pergi dirinya melihat api disiram istri Tomson Nababan menggunakan air sehingga api langsung menjalar kebagian kios Tomson Nababan.

"Api baru dapat dipadamkan sekitar pukul 09.30 Wita dengan bantuan pemadam gabungan," ungkap Sutargo.

Dari hasil olah tempat kejadian kebakaran yang dipimpin Kasat Reskrim Iptu Galih Putra Wiratama dengan pengamanan yang dilakukan anggota Polsek Murung Pudak dipimpin Kapolsel Iptu Suwito, diketahui api  diduga berasal dari alat penambal ban.

"Dugaan kebakaran berasal dari alat penambal ban yang menjalar dan membakar tangki sepeda Motor Thunder, Tomson Nababan,  yang pada saat itu sedang melangsir atau memindahkan BBM dari tanki  ke jeriken," pungkas Sutargo

Editor


Komentar
Banner
Banner