News

Duh, Tanaman Padi di Kapuas Diserang Hama Tungro

apahabar.com, KUALA KAPUAS – Tanaman padi di Kabupaten Kapuas, Kalteng, diserang hama tungro. Serangan tersebut tersebar…

Featured-Image
Tanaman padi di Kabupaten Kapuas, Kalteng, diserang hama tungro. Foto-Istimewa

bakabar.com, KUALA KAPUAS – Tanaman padi di Kabupaten Kapuas, Kalteng, diserang hama tungro. Serangan tersebut tersebar di Kecamatan Kapuas Timur, Tamban Catur dan Kecamatan Kapuas Kuala.

Namun sejauh ini belum diketahui berapa luasan tanaman padi yang diserang penyakit yang ditularkan oleh wereng hijau tersebut.

“Serangan penyakit tungro ini sudah mulai terdeteksi dari awal April kemarin,” kata Plt Kepala Dinas Pertanian Kapuas, Yaya kepada bakabar.com, Rabu (18/5) sore.

Menurut Yaya serangan penyakit tungro tersebut sudah ditangani dengan pemberian pestisida di lokasi tanaman yang masih bisa diselamatkan.

Sedang untuk tanaman padi yang parah disarankan untuk dibasmi dan diganti dengan tanaman baru, bila waktu tanam memungkinkan.

“Benih penggantinya diperoleh dari kegiatan lahan rawa,” beber mantan Camat Basarang tersebut.

Sementara itu Kabid Tanaman Pangan Dinas Pertanian Kapuas Edy Dese menambahkan untuk luasan tanaman padi yang diserang penyakit tungro sementara masih belum diketahui.

“Luasannya masih dihitung karena serangannya spot-spot saja. Tetapi memang perlu diwaspadai karena akan dapat berdampak turunnya hasil panen nantinya,” pungkasnya.



Komentar
Banner
Banner