Peristiwa & Hukum

Dugaan Penyebab Kebakaran di Ir Juanda Sampit Terungkap

Dugaan penyebab kebakaran hebat di Sampit, Kalimantan Tengah, terungkap. 

Featured-Image
Petugas Damkar berupaya melakukan pemadaman bangunan rumah yang terbakar, di Jalan Ir Juanda Sampit, Kelurahan Ketapang, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Kabupaten Kotim. Kamis (18/1/2024) - Foto Damkarmat Kotim

bakabar.com, SAMPIT - Dugaan penyebab kebakaran hebat di Sampit, Kalimantan Tengah, terungkap. 

Kebakaran yang menghanguskan dua rumah itu terjadi di Jalan Ir Juanda Sampit, Kelurahan Ketapang, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim). 

"Dari asumsi petugas kita di lapangan, diduga kebakaran ini disebabkan korsleting listrik," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kotim, Rihel, kepada media ini, Jumat (19/1).

Baca Juga: Si Jago Merah Mengamuk di Sampit, Dua Rumah Ludes

Sebelumnya, konstruksi rumah yang sebagian besar terbuat dari kayu membuat upaya pemadaman cukup lama, karena api dengan cepat membesar. Si jago merah berhasil di jinakkan setelah petugas berjibaku hampir 1,5 jam.

"Waktu kejadian pukul 22.10 WIB, petugas tiba sekitar pukul 22.17 WIB, dan api berhasil dipadamkan pada pukul 23.30 WIB," jelas Rihel.

Tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut, tapi diperkirakan kerugian material korban mencapai ratusan juta rupiah.

Kebakaran di kawasan pemukiman padat penduduk ini sontak membuat warga panik. Pasalnya, kebakaran terjadi pada malam hari saat warga sedang beristirahat pada Kamis (18/1).

Baca Juga: Pengamat: Sikap Zairullah Bakal Ubah Peta Politik Capres-Cawapres, Termasuk PKB Kalsel

Sebanyak tiga unit mobil Damkarmat dibantu tim damkar swadaya cepat tiba di lokasi, sehingga api berhasil dijinakan dan kebakaran tidak sempat meluas.

Kasus ini juga telah ditangani pihak kepolisan dari Polsek setempat, yang masih melakukan pengumpulan keterangan dan bukti di lapangan.

Editor


Komentar
Banner
Banner