Olahraga

Duet Dr J Cycyling Malang Pertahankan Gelar di Tour de Batola 2023

Kembali berlaga di Tour de Barito Kuala (Batola), duet pembalap Dr J Cycyling Jawa Timur berhasil mempertahankan gelar di edisi 2023, Sabtu (28/10).

Featured-Image
Peserta kategori road bike Tour de Barito Kuala (Batola) melintasi Jembatan Rumpiang, Sabtu (28/10). Foto: apahabar.com/Bastian Alkaf

bakabar.com, MARABAHAN - Kembali berlaga di Tour de Barito Kuala (Batola), duet pembalap Dr J Cycyling dari Malang, Jawa Timur, berhasil mempertahankan gelar di edisi 2023, Sabtu (28/10).

Rachmad Noka Wibisono finis terdepan di kelas men elite dengan catatan waktu 0:34'36"371 detik, diikuti Angga Dwi Wahyu Prahesta yang membukukan waktu 0:34'36"664 detik.

Hasil itu identik dengan kategori man open road bike Tour de Batola 2022. Bedanya tidak terdapat nama Jamalidin Novardianto yang juga personel Dr J Cycyling.

Baca Juga: Resmi Dilepas Penjabat Bupati, Berikut Rute Tour de Barito Kuala 2023

Jamalidin tidak tampil di edisi 2023, sehingga posisi ketiga ditempati Muhammad Rivaldi yang memperkuat Gobar Banua Banjarmasin.

"Oleh karena cuma berangkat dua orang, kami hajar terus sampai bisa memisahkan diri dari rombongan besar," ungkap Rachmad.

"Dibandingkan edisi 2022, rute cukup layak karena sebagian besar aspal dan hanya sedikit jalan berbatu, cuaca juga kering," sambungnya.

Penjabat Bupati Batola, Mujiyat, didampingi Sekdakab Zulkipli Yadi Noor, Kepala Disporbudpar Sabirin, Ketua KONI Nazhirni, bersama para juara men elite Tour de Barito Kuala 2023. Foto: bakabar.com/Bastian Alkaf
Penjabat Bupati Batola, Mujiyat, didampingi Sekdakab Zulkipli Yadi Noor, Kepala Disporbudpar Sabirin, Ketua KONI Nazhirni, bersama para juara men elite Tour de Barito Kuala 2023. Foto: bakabar.com/Bastian Alkaf

Sepanjang 120 kilometer yang harus dilalui, sekitar 8 kilometer di antaranya berbatu lantaran jalan dalam proses perbaikan.

Trek tersebut berada di Desa Sungai Bamban yang merupakan perbatasan Kecamatan Rantau Badauh dan Jejangkit.

"Kalau edisi sebelumnya banyak jembatan yang dapat membahayakan pembalap. Kemudian turun hujan hampir sepanjang lomba," beber Rachmad.

Baca Juga: Registrasi Tour de Batola 2023 Ditutup, Juara Bertahan Kembali Tampil

Atas pencapaian tersebut, Rahmad berhak atas hadiah sebesar Rp15 juta. Sedangkan Angga mengantongi hadiah sebesar Rp10 juta.

Sementara di kategori women open, Liontin Evangelina Setiawan tidak terbendung untuk menjadi pemenang dengan catatan waktu 0:39'12"849 detik.

Bahkan putri pasangan pembalap sepeda nasional Henry Setiawan dan Nurhayati tersebut mencapai finis sendirian, karena semua rival jauh tertinggal.

Liontin Evangelina Setiawan ketika menerima trofi dan medali Tour de Batola 2023 dari Penjabat Bupati Mujiyat, Sabtu (28/10). Foto: bakabar.com/Bastian Alkaf
Liontin Evangelina Setiawan ketika menerima trofi dan medali Tour de Batola 2023 dari Penjabat Bupati Mujiyat, Sabtu (28/10). Foto: bakabar.com/Bastian Alkaf

Sempat terjadi kekeliruan dalam penentuan pembalap berikutnya, sehingga protes pun langsung Sabrina Corima Salsabila dari Kalimantan Timur.

Setelah dilakukan penelitian ulang oleh dewan juri, termasuk bukti-bukti dari video finis, persoalan dapat diselesaikan.

"Awalnya nama saya tidak tertera sama sekali dalam daftar pemenang. Padahal sudah jelas kalau saya finis kedua," jelas Sabrina.

Baca Juga: Jangan Sampai Terlewat! Tour de Batola Kembali Digelar

"Lucunya yang finis keempat menjadi runner up. Sedangkan peringkat lima malah naik ke nomor tiga. Untungnya kekeliruan ini dapat diselesaikan dengan cepat," sambung pembalap berusia 19 tahun ini.

Berikut hasil lengkap Tour de Batola 2023:

Men Elite
1. Rachmad Noka Wibisono (Malang/Dr J Cycling)
2. Angga Dwi Wahyu (Malang/Dr J Cycling)
3. Muhammad Rivaldi (Banjarmasin/Gobar Banua)
4. Cakra Husam (Depok/Elitery 2pedal)

Women Open
1. Liontin Evangelina (Yogyakarta/SCID)
2. Sabrina Corima (Kalimantan Timur/RUFA KGB)
3. Caezza Zabina (Muara Jawa/Gowes Ketceh)
4. Melinda Ayu Putri (Amuntai/ISSI HSU)

Master A
1. Dwi Putra Islam (Probolinggo/DSCC 68)
2. Moh Syaifulloh (Sidoarjo/Pas School Training Peaks)
3. Robin Manulang (Samarinda)
4. Firman Hidayat (Balikpapan/Bespoke)

Master B
1. Zulkifli (Pontianak/Musang Berjanggut)
2. Heru Susanto (Tenggarong/RUFA)
3. Mat Nur (Surabaya/DSCC 68)
4. Dedi Triyono (Palangka Raya/PUPR Team Dozer)

Men Junior
1. Dendy Orlen Pongpalilu (Kuala Kapuas/ISSI Kapuas)
2. Muhammad Nur Hasyim (Sidoarjo/Pas School Training Peaks)
3. Bintang Ramadhan (Kuala Kapuas/Kapuas Cycling Community)
4. Riva Kurniawan (Samarinda/KJS Bike)

Men Youth
1. Raffy Akbar Halim (Paser/ISSI Paser)
2. Muhammad Afif Naufa (Kandangan/ISSI HSS)
3. Sigit Rahmatdani (Palangka Raya/PCC)
4. Ahmad Husairi (Kandangan/ISSI HSS

Editor


Komentar
Banner
Banner