Olahraga

Registrasi Tour de Batola 2023 Ditutup, Juara Bertahan Kembali Tampil

Registrasi Tour de Barito Kuala (Batola) sudah resmi ditutup, Rabu (25/10) pukul 23.59 Wita. Dipastikan salah seorang juara bertahan kembali berpartisipasi.

Featured-Image
Total 332 peserta dari berbagai provinsi akan bertanding di kategori road bike Tour de Barito Kuala (Batola) 2023. Foto: Prokopim Batola

bakabar.com, MARABAHAN - Registrasi Tour de Barito Kuala (Batola) sudah resmi ditutup, Rabu (25/10) pukul 23.59 Wita. Dipastikan salah seorang juara bertahan kembali berpartisipasi.

Kurang lebih dua pekan dibuka, registrasi kategori road bike berhasil menghimpun total 332 peserta dari berbagai provinsi.

Selain beberapa kabupaten/kota di Kalimantan Selatan, peserta juga berasal dari Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Jawa Barat, Jawa Timur, Jakarta, Yogyakarta dan Sulawesi Barat.

Momen menarik terjadi di kelas women open, karena berhasil menjaring peserta lebih banyak dibandingkan edisi sebelumnya.

Tercatat women open diikuti 28 pembalap sepeda berbagai provinsi, termasuk Andini Putri Anastaysa dari Kalimantan Timur.

Diketahui Andini merupakan pemenang kelas women junior Tour of Kemala di Pantai Boom, Banyuwangi, Sabtu (7/10) lalu.

Juga terpampang nama Liontin Evangelina Setiawan. Selain memiliki paras menawan, pembalap sepeda asal Yogyakarta ini juga memiliki banyak prestasi.

Putri pasangan pembalap sepeda nasional Henry Setiawan dan Nurhayati ini pernah meraih tiga medali di Indonesia Cycling Federation (ICF) National Championship 2021.

Namun tidak seorang pun mantan juara Tour de Batola di kelas women open. Tak terlihat nama-nama seperti Ayustina Delia Priatna atau Dewika Mulya Sova.

Baca Juga: Jangan Sampai Terlewat! Tour de Batola Kembali Digelar

Baca Juga: Dr J Cycling Malang Borong Podium Juara Man Open Tour de Batola 2022

Untungnya kekosongan itu terisi di kelas men elite (usia 19 hingga 29 tahun). Dari 51, terselip juara dan runner up kelas men open di Tour de Batola 2022.

Mereka masing-masing adalah Rachmad Noka Wibisono dan Angga Dwi Wahyu Prahesta. Sama seperti pertama kali bertanding di Batola, kedua pembalap dari Jawa Timur ini memperkuat Dr J Cycling Team.

Tidak kalah seru kelas men master A (usia 30 hingga 40 tahun) yang akan diramaikan 84 peserta.

Sedangkan di kelas men master B (usia 41 tahun ke atas), Polda Kalsel tercatat akan menurunkan 30 pembalap di antara total 122 peserta.

Adapun kelas men youth (usia 13 hingga 16 tahun) akan diikuti 33 peserta. Adapun men junior (usia 17 hingga 18 tahun) diramaikan 14 peserta.

Sesuai dengan rencana, Tour de Batola 2023 berlangsung 28 Oktober 2023. Adapun kategori road bike akan menempuh jarak sejauh 120 kilometer dengan total hadiah senilai Rp150 juta.

Tidak seperti edisi sebelumnya, salah satu rute Tour de Batola 2023 akan melewati Kecamatan Tabukan. Sedangkan start dan finis di Lapangan 5 Desember Marabahan.

Juga digelar kategori fun bike yang telah menghimpun ribuan peserta. Dengan jarak tempuh 30 kilometer, fun bike menyediakan berbagai doorprize, termasuk sebuah sepeda motor.

Editor


Komentar
Banner
Banner