Piala Dunia 2022

Duel Sengit! Kroasia Singkirkan Jepang Lewat Adu Penalti

Kroasia akhirnya meraih satu tiket di babak perempat final Piala Dunia 2022 usai menyingkirkan Jepang lewat drama babak adu penalti

Featured-Image
Kroasia singkirkan Jepang lewat babak adu penalti (Foto: Twitter @fifaworldcup)

bakabar.com, JAKARTA –Kroasia berhasil melaju ke babak perempat final Piala Dunia 2022 usai menyingkirkan Jepang lewat drama babak adu penalti.

Jepang sempat unggul di babak pertama lewat gol Daizen Maeda, sebelum akhirnya berhasil disamakan Kroasia di babak kedua lewat gol Ivan Perisic.

Duel sengit Jepang vs Kroasia akhirnya harus ditentukan oleh babak adu penalti usai kedua tim tidak mampu menciptakan tambahan gol di babak extra time.

Hasil ini membuat Kroasia melenggang ke babak perempat final, dan akan menunggu pemenang antara Brasil vs Korea Selatan di pertandingan selanjutnya.

Sedangkan, Samurai Biru yang secara mengejutkan mampu mengalahkan timnas Jerman dan Spanyol di babak penyisihan grup, harus puas tersingkir dari Piala Dunia 2022 usai takluk 1-3 dari Kroasia di babak adu penalti.

Baca Juga: Jepang Unggul Sementara dari Kroasia 1-0 di Babak Pertama

Jalannya pertandingan babak kedua

Memasuki babak kedua, Jepang yang unggul 1-0 atas Kroasia membuka 45 menit babak kedua dengan sepakan keras Daichi Kamada. Namun si kulit bundar masih melambung tinggi di atas mistar gawang Livakovic.

Tidak mau tersingkir dari Jepang, pasukan Zlatko Dalic coba tampil lebih menekan barisan pertahanan Samurai Biru.

Anak asuh Zlatko Dalic akhirnya berhasil menyamakan kedudukan di menit ke-55 lewat sundulan Ivan Perisic di dalam kotak penalti Jepang yang membuat skor berubah 1-1.

Memanfaatkan umpan silan Dejan Lovren ke dalam kotak penalti Samurai Biru, pemain yang kini berseragam Tottenham Hotspur itu melakukan heading yang tak mampu ditepis oleh kiper Shuichi Gonda.

Baca Juga: Brasil Vs Korea Selatan: Brasil Diperkuat Neymar Jr, Korea Selatan Andalkan Daya Juang

Selang dua menit kemudian, pasukan Hajime Moriyasu nyaris kembali membobol gawang Kroasia, andai tembakan kencang Wataru Endo tak mampu ditepis oleh Dominik Livakovic.

Samurai Biru lagi-lagi mengancam gawang Kroasia, kali ini lewat sepakan Ritsu Doan dari luar kotak penalti yang berhasil diamankan oleh kiper nomor satu Kroasia itu.

Memasuki menit ke-62, giliran Luka Modric yang mengancam gawang Jepang. Beruntung sepakan terukur pemain Real Madrid itu masih mampu ditepis oleh Shuichi Gonda dan hanya menghasilkan sepak pojok untuk pasukan Zlatko Dalic.

Ivan Perisic kembali mengancam gawang Shuichi Gonda di menit ke-77, kali ini lewat tendangan keras kaki kirinya dari luar kotak penalti. Beruntung, bola masih melebar dari gawang Samurai Biru.

Baca Juga: Raheem Sterling Tinggalkan Qatar karena 'Masalah Keluarga'

hingga 45 menit babak kedua berakhir, kedua tim belum berhasil menambah pundi-pundi gol sehingga pertandingan dilanjutkan ke babak Extra Time

Jalannya Extra Time

Bermain imbang di 90 menit waktu normal, laga kedua tim dilanjutkan dengan babak extra time.

Ivan Perisic kembali menjadi ancaman bagi gawang Shuichi Gonda. Namun, sepakan kerasnya di menit ke-101 masih berhasil diblok oleh Hiroki Sakai di dalam kotak penalti Samurai Biru.

Menjelang babak extra time pertama berakhir, Samurai Biru hampir menciptakan gol lewat sepakan Kaouru Mitoma dari luar kotak penalti.

Baca Juga: Liga 1 Dilanjutkan, Tiga Tim Kompak Raih Kemenangan di Laga Perdana

Namun, sigapnya kiper Dominik Livakovic membuat tembakan Mitoma masih mampu ditepis oleh kiper Kroasia itu.

Hingga 15 menit waktu babak extra time berakhir, skor 1-1 masih tak merubah papan skor di pertandingan tersebut.

Selepas turun minum, duel sengit antara Jepang melawan Kroasia kembali dilanjutkan di babak kedua extra time.

Samurai Biru lebih dulu mengancam gawang Krosia, namun rapatnya barisan pertahanan Vatreni masih belum mampu ditembus anak asuh Hajime Moriyasu untuk mencetak gol.

Baca Juga: Pemerintah Izinkan Liga 1 Bergulir Kembali Tanpa Penonton

Lovro Majer hampir menciptkan gol di tamabahn waktu babak kedua extra time andai tendanganya tak melebar dari gawang Jepang.

Tak ada gol di dua kali 15 menit babak extra time sehingga laga dilanjutkan dengan babak adu penalti untuk menentukan pemenang di laga ini.

Menjadi penendang pertama Jepang, Minamo gagal mengeksekusi penalti tersebut. Kroasia unggul lebih dulu lewat Nikola Vlasic.

Kembali, Dominik Livakovic menggagalkan penendang kedua Jepang, Kaoru Mitoma. Marcelo Brozovic membuat Kroasia semakin di atas angin usai membobol gawang Shuichi Gonda.

Takuma Asano sedikit membuat Jepang bernafas lega, sebelum akhirnya Marko Livaja gagal mengeksekusi penalti.

Dominik Livakovic kembali menjadi penyelamat gawang Kroasia usai menggagalkan penalti kapten Jepang Maya Yoshida.

Mario Pasalic akhirnya menyempurnakan kemenangan Kroasia lewat babak adu penalti setelah berhasil mencetak gol terakhir Kroasia di babak adu penalti.

Hasil ini membuat Kroasia unggul 3-1 atas jepang lewat babak adu penalti.

Editor


Komentar
Banner
Banner