Pelantikan Menkominfo

DPR Ultimatum Menkominfo Baru: Percepat Bangun Infrastruktur Digital!

Ketua Komisi I DPR RI, Meutya Hafid mengultimatum Menkominfo Budi Arie Setiadi untuk mempercepat akselerasi membangun infrastruktur digital.

Featured-Image
Budi Arie bersama Presiden RI Joko Widodo (sumber: ig/Budiariesetiadi)

bakabar.com, JAKARTA - Ketua Komisi I DPR RI, Meutya Hafid mengultimatum Menkominfo Budi Arie Setiadi untuk mempercepat akselerasi membangun infrastruktur digital.

Hal ini disampaikan Meutya usai Menkominfo Budi Arie resmi dilantik Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Senin (17/7).

"Banyak tugas Menkominfo, khususnya terkait pemerataan infrastruktur digital nasional, termasuk literasi digital harus diselesaikan," kata Meutya.

Baca Juga: Dilantik Menkominfo, Harta Budi Arie Rp 101 Miliar

Meutya menambahkan bahwa Menteri Budi hanya dibatasi waktu yang relatif singkat sekitar satu tahun.

Maka kecepatan akselerasi kinerja mesti dioptimalkan dan tak terlalu lama beradaptasi dengan jabatan mentereng sebagai menteri.

"Masa jabatan Menkominfo kali ini hanya satu tahun, sehingga tidak akan lama, perlu gerak cepat," ujarnya.

Baca Juga: Menkominfo Budi Arie Diperintahkan Kebut Proyek BTS

Budi Arie, kata dia, setidaknya mesti menjalankan lima arahan Presiden Jokowi terkait akselerasi transformasi digital di Indonesia, di antaranya percepatan penyediaan infrastruktur telekomunikasi dan penyiapan kebutuhan sumber daya manusia sebagai talenta digital.

Perlunya percepatan tingkat literasi digital masyarakat, khususnya mengimbangi perkembangan teknologi digital yang cepat dan makin strategis bagi kehidupan masyarakat Indonesia.

"Data APJII tahun 2022 menunjukkan 77,02 persen penduduk Indonesia adalah pengguna internet. Masih ada wilayah di Indonesia yang belum terjangkau internet," jelasnya.

Bahkan ia juga menugaskan Menkominfo untuk mengubah pola digital anak-anak muda Indonesia, jangan hanya mau menjadi follower. Tetapi harus memulai menjadi trendsetter, khususnya inovasi dan hal-hal baik yang bertujuan untuk kemajuan Indonesia.

Baca Juga: Menkominfo Nonaktif Johnny Plate Ajukan Nota Keberatan!

Meutya menilai penunjukan Budi Arie Setiadi sebagai Menkominfo RI sah-sah saja, dan dia meyakini Budi Arie mampu melaksanakan program Presiden Jokowi.

"Saya rasa Mas Muni mampu mengemban tugas sebagai Menkominfo, apalagi ia punya background dari Ilmu Komunikasi dan dikenal gerak cepat dan suka langsung bertindak," pungkasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner