Pergantian Pejabat Polri

DPR Klaim Wakapolri Komjen Agus Andrianto Aset Terbaik Polri

Anggota Komisi III DPR RI, Arteria Dahlan menyebut penunjukan Wakapolri Komjen Pol Agus Andrianto telah diprediksi lantaran mendistribusikan sumber daya manusia

Featured-Image
Wakapolri Komjen Pol Agus Andrianto di Mabes Polri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Foto: apahabar.com/Farhan Fauran

bakabar.com, JAKARTA - Anggota Komisi III DPR RI, Arteria Dahlan menyebut penunjukan Wakapolri Komjen Pol Agus Andrianto telah diprediksi lantaran mendistribusikan sumber daya manusia (SDM) terbaik Polri.

"Saya sudah menduga pilihan akan jatuh ke Mas Agus, walau dua kandidat lainnya adalah aset-aset Polri yang luar biasa," kata Arteria kepada bakabar.com, Selasa (27/6).

Baca Juga: ISSES: Penunjukan Wakapolri Agus Andrianto Bakal Jadi Beban Polri

Arteria menilai keputusan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo tepat menjatuhkan pilihan kepada Agus yang semula menjabat Kabareskrim Polri.

Bahkan ia menyebut Agus merupakan sosok anggota Polri yang menyelesaikan tugas dengan maksimal dan paripurna, meski sengkarut skandal tambang ilegal yang menjerat Ismail Bolong masih jalan di tempat.

"Saya pikir itu keputusan yang tepat. Mas Agus figur polisi cerdas, tegas dan berani serta merupakan eksekutor yang handal. Beliau selalu menyelesaikan tugas dengan maksimal dan paripurna," imbuhnya.

Baca Juga: Pengamat: Penunjukan Wakapolri Agus Bikin Kasus Ismail Bolong Stagnan

Politisi PDI Perjuangan ini menjelaskan bahwa Agus mengantongi sejumlah kelebihan sehingga negara membutuhkan figur polisi laiknya Agus, terlebih saat mendekati tahun-tahun politik.

"Beliau penguasaan lapangannya baik, terkenal pegang teguh komitmen, berani dan utamanya dia operator dan eksekutor yang handal yang telah teruji di berbagai medan dan kondisi. Beliau penegak hukum yang tegas, humanis dan terukur," jelasnya.

Di sisi lain, mutasi perwira tinggi Polri yang menempatkan Agus sebagai Wakapolri, dan Komjen Pol Wahyu Widada sebagai Kabareskrim menjadi penanda bahwa Polri akan berjalan seiring sejalan.

"Keputusan ini juga menepis prasangka. Hari ini adalah hari pembuktian bahwa mereka berdua solid dan merupakan dua kepak sayap merpati yang membawa Polri menjadi polisi rakyat," tuturnya.

Baca Juga: ISSES: Kapolri Sigit Tak Tegas Korek Rekam Jejak Wakapolri Agus

"Selamat untuk mas Agus, selamat bertugas dan semoga amanah," pungkasnya.

Diketahui, Komjen Pol Agus Andrianto didapuk menjadi Wakapolri berdasarkan surat telegram (TR) Nomor: ST/1393/VI/KEP./2023 pertanggal 24 Juni 2023 yang ditandatangani Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

"Komjen Pol Prof. Dr. Gatot Eddy Pramono, M.Si. NRP 65060657 Wakapolri dimutasikan sebagai pati Mabes Polri (dalam rangka pensiun),” tulis TR Kapolri.

Pengangkatan Komjen Agus Andrianto dilakukan untuk menggantikan Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono yang akan memasuki masa pensiun.

Editor


Komentar
Banner
Banner