Tak Berkategori

Donor Darah di PT. PAMA Tabalong, PMI Amankan 68 Kantong

apahabar.com, TANJUNG – Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Tabalong menggelar donor darah di…

Featured-Image
Petugas PMI Tabalong melakukan pengambilan darah para karyawan PAMA dan Adaro Insonesia dan mitra kerja. Foto – Istimewa

bakabar.com, TANJUNG – Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Tabalong menggelar donor darah di di GOR Mess Maburai PT Pamapersada Nusantara (PAMA) Blok D.

Digelar selama dua hari, dari 14 sampai 15 September, 68 kantong darah dari berbagai golongan berhasil dikumpulkan dari karyawan PT. PAMA.

Sekretaris PMI Tabalong, Setyawan Andri Wibowo, mengatakan dari 97 pendaftar, 68 di antaranya dinyatakan lolos penjaringan sesuai SOP.

Dari 68 kantong diperoleh 18 kantong golongan darah A, 15 kantong golongan darah B, 4 kantong golongan darah AB, dan 31 kantong darah O.

“Ini pertama kalinya karyawan perusahaan melakukan donor darah sejak pandemi Covid-19 bulan maret lalu,” kata Wawan, Rabu (16/9).

PMI Tabalong dan PT PAMA dalam kegiatan ini menerapkan protokol kesehatan dan SOP yang ketat. Untuk memastikan tidak ada penyebaran Covid-19 dalam kegiatan tersebut, satu hari sebelum kegiatan, para petugas melakukan swab tes PCR.

Setalah hasilnya negatif, petugas UTD PMI Tabalong baru bisa melaksanakan kegiatan donor darah bersama PT PAMA.

Wawan pun berharap dengan adanya aksi donor darah seperti ini, kebutuhan darah di Tabalong bisa terpenuhi.

“Semoga ke depan perusahaan yang lain bisa melaksanakan donor darah serupa bersama PMI Tabalong dengan catatan harus sesuai dengan protokol kesehatan, baik itu pendonor dan petugas UTD PMI Tabalong, ” pungkasnya.

Terpisah, CSR PT Pamapersada Nusantara, Ono Karno, mengatakan doroh darah ini dilaksanakan dalam rangka HUT PAMA ke-27. Kegiatan itu diikuti oleh Karyawan PAMA, PT Adaro Indonesia beserta mitra kerja lainnya.

“Selama pandemi Covid-19 ini kami sudah 2 kali menggelar aksi sosial donor darah, yaitu bulan Agustus dan September, hasilnya terkumpul 84 kantong darah yang diserahkan ke PMI Tabalong,” jelas Ono.



Komentar
Banner
Banner