proyek strategis nasional

Dongkrak Perekonomian, Kementerian PUPR Kebut Pembangunan PSN

Kementerian PUPR mengebut pembangunan infrastruktur Proyek Strategis Nasional (PSN) di Provinsi Jawa Tengah.

Featured-Image
Infrastruktur PSN (Foto: Dok. PUPR)

bakabar.com, JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengebut pembangunan infrastruktur Proyek Strategis Nasional (PSN) di Provinsi Jawa Tengah. 

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menegaskan, proyek tersebut mampu mendongkrak pertumbuhan ekonomi nasional maupun regional. Pun berdampak pada kesejahteraan masyarakat yang berkelanjutan atau sustainable. 

Berdasarkan Peraturan Menteri Koordinator Perekonomian Nomor 21 Tahun 2022, lanjut ia, terdapat 14 PSN di Jawa Tengah. Diantaranya, enam bendungan, satu jaringan irigasi, empat jalan tol, dua Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM), dan infrastruktur dasar pendukung Kawasan Indutri Terpadu (KIT) Batang.

“Bendungan Randugunting di Kabupaten Blora yang juga sudah digenangi air,” ujar Basuki dalam keterangannya, Selasa (18/7).

Baca Juga: 58 PSN Mandek, Menko Airlangga: Akan Terus Dilanjutkan

Kata ia, tiga bendungan PSN lainnya di Jawa Tengah masih dalam tahap pekerjaan konstruksi, yakni Bendungan Jlantah di Kabupaten Karanganyar, Bendungan Bener di Kabupaten Purworejo, dan Bendungan Jragung di Kabupaten Semarang. Adapun satu bendungan tahap persiapan, yakni Bendungan Karangnongko di Kabupaten Blora. 

“Saat ini masih terus kita laksanakan dan menurut saya masih bisa dilaksanakan melalui PSN,” katanya. 

Tak sampai di situ, ia melanjutkan, infrastruktur PSN di Jawa Tengah selesai lainnya adalah SPAM Semarang Barat. Infrastruktur tersebut untuk meningkatkan layanan air minum sebesar 70.000 sambungan rumah (SR) dengan kapasitas 1.000 liter/detik.

Editor
Komentar
Banner
Banner