Arus Mudik 2023

Ditlantas Polda Metro Imbau Warga Mudik Tak Kendarai Sepeda Motor

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Latif Usman mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan perjalanan mudik dengan menggunakan sepeda motor.

Featured-Image
PT Jasa Marga (Persero) Tbk memperkirakan puncak arus mudik Lebaran 2023 jatuh pada Rabu 19 April, sedangkan puncak arus balik pada Selasa 25 April. Foto: Antara

bakabar.com, JAKARTA - Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Latif Usman mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan perjalanan mudik dengan menggunakan sepeda motor.

"Kita menghimbau betul bahwa sepeda motor bukan untuk perjalanan jauh. Jadi kita mengharapkan betul itu untuk dihindari," kata Latif Usman usai meninjau kesiapan pelayanan mudik di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta (11/4).

Baca Juga: Antisipasi Kemacetan Saat Mudik, Dishub Magelang Siapkan Strategi

Latif menuturkan bahwa pengguna sepeda motor selayaknya digunakan hanya untuk menjangkau perjalanan yang dekat.

"Sekali lagi, saya betul-betul menghimbau sepeda motor tidak untuk digunakan mudik. Karena sepeda motor digunakan untuk jarak dekat," ujarnya.

Sedangkan, untuk mengantisipasi lonjakan para pemudik yang nekat menggunakan sepeda motor, ia berharap agar warga masyarakat dapat memilih moda angkutan mudik dengan fasilitas yang telah disediakan dari sejumlah instansi.

Baca Juga: Dukung Mudik Lebaran, Kementerian PUPR Tingkatkan Fasilitas 'Rest Area'

"Diharapkan dengan adanya dari Dinas Perhubungan yang sudah mengadakan mudik gratis, dan juga dari kami dan beberapa instansi terkait di jakarta mengadakan mudik gratis, yang menggunakan sepeda motor diharapkan ke situ," jelasnya.

Sebelumnya, pemudik Idul Fitri 1444 H diprediksi akan meningkat dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Berdasarkan data perkiraan dari Kementerian Perhubungan atau Kemenhub sebanyak 123,8 juta orang akan pulang kampung. Jumlah ini meningkat 14,2 persen dari 85,5 juta pemudik pada Lebaran 2022.

Editor


Komentar
Banner
Banner