Arus Mudik 2023

Antisipasi Kemacetan Saat Mudik, Dishub Magelang Siapkan Strategi

Dishub Kota Magelang siapkan rekayasa lalu lintas dan sejumlah antisipasi untuk mencegah kemacetan selama arus mudik dan balik lebaran 2023.

Featured-Image
Kepala Dinas Perhubungan Kota Magelang, Candra W Adi usai apel HUT Magelang di Alun-Alun, Selasa 11 April 2023 (Foto: apahabar.com/Arimbi)

Apahabar.com, MAGELANG - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Magelang mempersiapkan rekayasa lalu lintas dan sejumlah antisipasi untuk mencegah kemacetan selama arus mudik dan balik lebaran 2023.

Hal itu disampaikan Kepala Dishub Kota Magelang Candra W Adi usai apel pagi Hari Ulang Hari Ulang Tahun Kota Magelang di Alun-Alun, Selasa 11 April 2023 pukul 09.00 WIB.

Candra memprediksi, bakal ada kurang lebih 200.000 pemudik yang bakal masuk ke Kota Magelang pada lebaran 2023. "Tapi kemungkinan tidak semuanya masuk untuk singgah, karena Magelang kota lintasan, jadi ada yang hanya lewat," terangnya.

Selain itu, ia menilai, kemacetan semakin tinggi lantaran banyak pemudik yang datang menggunakan kendaraan pribadi roda empat maupun dua. Meski demikian, Candra memastikan, pihaknya tetap menyediakan angkutan lebaran gratis untuk pemudik.

Baca Juga: Awal Arus Mudik Lebaran, 59,91 Persen Tiket Kapal Pelni Telah Terjual

"Dishub Kota Magelang menyediakan 2 armada bus tapi untuk kota penjemputannya sedang kami rapatkan, sedangkan pemberhentiannya nanti di Terminal Tidar," jelasnya.

Candra juga mengatakan, persiapan arus mudik dan balik sudah dilakukan sejak Selasa 11 April 2023 lantaran aktivitas pergerakan masyarakat sudah terlihat. "Seharusnya kalau menurut prediksi 15 April, tetapi saat ini kami sudah membuka untuk pelaksanaan manajemen di area Pecinan yang pasti macet," jelasnya.

Rekayasa lalu lintas

Candra mengungkapkan upaya rekayasa lalu linta akan diberlakukan untuk mencegah kemacetan. Rekayasa tersebut akan diberlakukan di sejumlah titik-titik yang kerap mengalami kemacetan.

"Misalnya di simpang 5 Artos yang pasti macet, akan ditutup untuk kendaraan yang masuk dari arah Jalan Sudirman, kemudian kendaraan aman dibelokkan ke kiri arah Jogja," paparnya.

Baca Juga: BNPB Antisipasi Dampak Bencana Jelang Arus Mudik-Balik Lebaran 2023

Tak hanya itu, Candra menjelaskan, untuk simpang Canguk yang diprediksi macet, alternatifnya juga akan dialihkan. "Kendaraan yang dari tegalrejo tidak ada lampu merah tapi langsung ke kiri arah Semarang dan kota, tuturnya.

Walikota Magelang Muchamad Nur Aziz usai apel di Alun Alun Magelang, Selasa 11 April 2023 (Dok. ARIMBIHP)
Walikota Magelang Muchamad Nur Aziz usai apel di Alun Alun Magelang, Selasa 11 April 2023 (Foto: bakabar.com/Arimbi)

Sementara itu, Walikota Magelang, Muchamad Nur Aziz mengatakan siap untuk menyambut pemudik dan mempersiapkan berbagai solusi untuk mencegah kemacetan.

"Selain rekayasa arus dan menyediakan kendaraan umum, kami juga menyiapkan sejumlah pos penjagaan," jelasnya.

Baca Juga: Ada Contraflow dan One Way, Gimana Nasib Bus AKAP saat Arus Mudik?

Menurut Aziz, setidaknya 7 pos penjagaan disediakan untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pemudik yang tiba dan pulang dari Magelang.

"Posnya disiapkan di Gardena, Trio, Shopping, Terminal Tidar, Canguk, Kebun Polo dan Sambung," tutup Aziz.

Editor
Komentar
Banner
Banner