Sport

Ditekuk Filipina 0-6, Timnas Putri Indonesia Angkat Koper dari Piala Asia 2022

apahabar.com, MUMBAI – Timnas Putri Indonesia dipastikan angkat koper dari Piala Asia Wanita 2022, setelah dikalahkan…

Featured-Image
Aksi gelandang Timnas Putri Indonesia, Zahra Muzdalifah, dalam matchday terakhir grup B Piala Asia Wanita 2022 melawan Filipina. Foto: Okezone

bakabar.com, MUMBAI – Timnas Putri Indonesia dipastikan angkat koper dari Piala Asia Wanita 2022, setelah dikalahkan Filipina 0-6, Kamis (27/1) malam.

Hasil tersebut membuat Indonesia menelan tiga kekalahan dari tiga pertandingan. Mereka kebobolan total 28 gol, tanpa pernah memasukkan satu gol pun.

Sama seperti dua pertandingan sebelumnya di grup B, Indonesia mendapatkan tekanan bertubi-tubi dari Filipina.

Indonesia sudah mendapatkan hukuman penalti di menit 5 akibat handball Vivi Riski. Namun sepakan penalti Sarina Bolden mengenai tiang gawang.

Namun di menit 6, Filipina dapat melesakkan gol pembuka melalui Katrina Guillou, sebelum digandakan Sarina Bolden di menit 27.

Selepas turun minum, Tahnai Annis membuat skor menjadi 3-0 di menit 56. Filipina mendapatkan tendangan penalti lagi di menit 74 dan dieksekusi dengan baik oleh Jessica Miclat.

Tahnai Annis kembali mencetak gol di menit 82. Akhirnya kemenangan setengah lusin Filipina dipastikan gol Malea Cesar.

Hasil tersebut sekaligus meloloskan Filipina ke perempat final bersama Australia. Sedangkan Indonesia terpaksa harus gigit jari.

Selanjutnya di perempat final yang dimulai 30 Januari 2022, Filipina akan melawan Taiwan, Vietnam bertemu China, Thailand kontra Jepang dan Australia meladeni Korea Selatan.

“Akhirnya kami kalah, karena kehilangan konsentrasi dan semuanya yang membuat mental pemain jatuh. Ini memang menjadi evaluasi kami untuk kompetisi berikutnya,” tutur pelatih Rudy Eka Priyambada seperti dilansir Antara.

“Kedepan upaya untuk sepakbola putri tak bisa dilakukan sendiri. Harus dijalin kerja sama dengan banyak pihak demi bermain lagi di Piala Asia berikutnya,” tambahnya.

Kegagalan lolos dari fase grup ini mengulangi prestasi buruk Indonesia di edisi 1981 dan 1989. Sedangkan prestasi terbaik Garuda Pertiwi adalah menjadi semifinalis 1977 dan 1986.

Termasuk edisi 2022, Indonesia sudah lima kali tampil di putaran final Piala Asia Wanita 1977, 1981, 1986, 1989 dan 2022.



Komentar
Banner
Banner