Nasional

Diskoperdagin Kotim Ajak Ritel Modern Bantu Pemasaran Produk Lokal 

Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperdagin) Kotawaringin Timur, Kalteng mengajak ritel modern membantu mendongkrak pemasaran produk lokal

Featured-Image
Kepala Diskoperindag Kotim, Zulhaidir (baju hijau) saat dikonfirmasi sejumlah awak media. Foto-apahabar.com/Ilhamsyah Hadi

bakabar.com, SAMPIT - Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperdagin) Kotawaringin Timur, Kalteng mengajak ritel modern membantu mendongkrak pemasaran produk lokal. 

Program ini terus dikembangkan secara bertahap oleh Diskoperdagin, sehingga UMKM di Kotim bisa memberikan keuntungkan pendapatan kepada pelaku usaha lokal.

"Pastinya kita ingin dari sisi pemasarannya, kawan-kawan UMKM yang memproduksi olahan mereka tidak sia-sia, artinya dengan adanya kerjasama ritel moderen, produk mereka bisa terjual dengan baik dan laris," kata Kepala Diskoperdagin Kotim, Zulhaidir, Selasa (30/1).

Diakui Zulhaidir, selama ini persoalan pemasaran menjadi kendala yang dihadapi oleh para pelaku UMKM. Dengan menggandeng ritel-ritel modern, diharapkan bisa membantu meningkatkan produk lokal, bukan hanya bisa dijual di daerah, namun juga ke luar daerah.

"Kita ingin melihat pelaku UMKM Kotim ini lebih bersemangat untuk memproduksi olahan mereka. Karena kalau hanya kita bantu permodalan kalau produknya tidak laku akan sia-sia juga bantuan itu," jelasnya.

Dengan bekerja sama ritel modern, serta memberikan pembekalan manajemen ritel UMKM oleh pihak yang memahami produk kemasan dan makanan, maka sangat membantu para pelaku UMKM lokal bisa membenahi hasil produk mereka. 

Melalui sejumlah kegiatan, seperti pelatihan manajemen ritel, Zulhaidir berharap para pelaku usaha lokal bisa membenahi lagi kekurangan produk mereka, baik itu dari rasa makanan maupun kemasannya.

"Ada beberapa komunitas UMKM di Kotim yang kita tawarkan, siapa yang mau yang pasti barangnya siap, produknya siap, kemasannya sudah siap dan ada perizinannya," paparnya

"Untuk pelatihan kita lakukan bertahap kepada UMKM, sehingga semuanya bisa merata bisa mendapatkan pelatihan, dan produknya bisa masuk di ritel-ritel modern di Kotim ini," pungkasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner