Piala Asia 2023

Pantas STY Coret Saddil Ramdani di Piala Asia 2023

Shin Tae-yong mengonfirmasi perubahan skuad Piala Asia dengan memasukkan kembali Adam Alis ke dalam daftar pemain, sementara Saddil Ramdani dan Arkhan Fikri

Featured-Image
Saddil Ramdani tercoret dari daftar pemain Timnas Indonesia untuk Piala Asia 2023. Foto: Arsip PSSI

bakabar.com, JAKARTA - Keputusan Shin Tae-yong (STY) mencoret Saddil Ramdani dalam skuat timnas Indonesia Piala Asia 2023 dinilai cukup pantas.

Hal tersebut dikatakan langsung oleh pengamat sepak bola Indonesia, Kesit Budi Handoyo.

Selain masalah attitude dan disiplin, Kesit mengatakan Saddil juga tak cocok dengan strategi permainan yang diterapkan Shin Tae-yong.

Baca Juga:Saddil Ramdani Dicoret STY di Piala Asia, Manajer Bongkar Alasannya

"Siapa yang layak dicoret itu hak subjektif kekuasaan pelatih, artinya mungkin Saddil tidak masuk dalam skema kepelatihannya STY di Piala Asia ini," ungkap Kesit Budi Handoyo saat dihubungi bakabar.com, Jumat (12/1).

Analisis Kesit sendiri memperkirakan bahwa Shin Tae-yong menilai berdasarkan fisik dan stamina Saddil. Sebab Piala Asia memiliki jadwal yang cukup padat. 

"Adapun perkiraan lainnya bisa juga fisik dan stamina Saddil tidak siap," lanjut Kesit. 

Selain itu Kesit menambahkan penilaian Shin Tae-yong terhadap Saddil sudah tepat.

Baca Juga:Saddil Diganti Adam Alis, Borneo FC Punya Wakil di Piala Asia 2023

Sebab timnas Indonesia membutuhkan komposisi pemain yang masuk ke dalam skemanya karena skuat Garuda melawan negara kuat seperti Jepang, Irak dan Vietnam. 

"Turnamen ini pendek karena dalam waktu kurang lebih seminggu harus memainkan tiga pertandingan, dan lawan yang dihadapi berat artinya kita butuh kemenangan, bisa jadi Saddil dianggap tak siap dari sisi stamina," ujarnya.

Yang jelas, setiap pemain harus memiliki tiga hal agar bisa dipercaya oleh pelatih, yaitu stamina, attitude, dan displin.

Hal tersebut yang belum dimiliki Saddil hingga akhirnya dicoret dari skuat Garuda jelang beberapa hari berlangsungnya Piala Asia 2023.

Baca Juga: Timnas Indonesia Diprediksi Cuma Menang Sekali di Piala Asia 2023

Indonesia sendiri akan menghadapi Irak pada laga perdana di Piala Asia 2023, Senin (15/1) malam WIB.

Pelatih asal Korea Selatan itu menargetkan skuat Garuda bisa lolos dari fase grup D dalam turnamen tersebut.

Editor
Komentar
Banner
Banner