Nasional

Dinas PMD Kapuas Jajaki Kerjasama dengan ULM dan Politeknik Banjarmasin

Guna penguatan kapasitas Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kapuas, Kalteng melakukan penjajakan kerjasama dengan Fakult

Featured-Image
Kegiatan penjajakan kerjasama Dinas PMD Kapuas ke Unlam dan Politeknik Negeri Banjarmasin. Foto-Istimewa

bakabar.com, KUALA KAPUAS - Guna penguatan kapasitas Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kapuas, Kalteng melakukan penjajakan kerjasama dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin.

"Penjajakan kerjasama ke Unlam kami lakukan Senin (7/8) kemarin," kata Kepala Dinas PMD Kapuas Budi Kurniawan kepada bakabar.com, Selasa (8/8).

Budi menjelaskan penjajakan dilakukan dalam kerangka kerjasama terkait dengan manajemen usaha dan penyusunan rencana bisnis (bussiness plan), pengelolaan dan penatausahaan/akuntansi BUMDes.

"Termasuk kewirausahaan dan kerjasama BUMDes sampai kepada marketing produk BUMDes," bebernya.

Menurut Budi Kurniawan pihak FEB Unlam sendiri menyambut baik rencana kerjasama tersebut karena juga merupakan bagian dari program pengabdian masyarakat sesuai tujuan tri dharma perguruan tinggi.

"Bentuk kerjasama antara lain pelatihan, pendampingan, penelitian dan pemagangan mahasiswa FEB ULM di Kapuas," jelas Budi Kurniawan.

Selain Unlam, penjajakan kerjasama juga dilakukan ke Politeknik Negeri Banjarmasin terkait pengembangan kapasitas program desa cerdas khususnya untuk pengembangan sistem informasi berbasis web, pengembangan data geospasial dan perencanaan desa berbasis sistem informasi geografis (GIS).

"Kami berharap melalui kerjasama ini nantinya, pemerintah desa dan BUMDes di Kapuas dapat meningkatkan kapasitas penyelenggara maupun kelembagaannya dan memiliki kemampuan untuk melaksanakan program-program pemerintah," pungkas Budi Kurniawan. 

Editor


Komentar
Banner
Banner