DPRD Barut

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Barut Wajib Gali Budaya Daerah

apahabar.com, MUARA TEWEH – Masih banyak kebudayaan daerah yang belum terekspos dan digali. Pemerintah daerah diharapkan…

Featured-Image
Balogo, permainan tradisional yang perlahan tenggelam. Foto-Istimewa

bakabar.com, MUARA TEWEH – Masih banyak kebudayaan daerah yang belum terekspos dan digali. Pemerintah daerah diharapkan bisa terus menggali budaya yang ada di Barut.

"Banyak budaya kita yang perlu diangkat kepermukaan yang menjadi andalan dalam setiap even kabupaten, provinsi, bahkan kalau perlu," kata legislator DPRD Barito Utara H Abri.

img

Anggota DPRD Barito Utara H Abri. Foto-Istimewa

Ia mengurai, menyumpit, permainan gasing, lucu, sepak saut, manetek, maneweng, ada budaya yang sangat asik untuk ditonton, karena mengandung nilai kebersamaan.

"Generasi kita harus mengenal budaya daerahnya sendiri, dan salah satunya dengan cara festival budaya tahunan," kata H Abri.

Jangan sampai budaya terkikis oleh kemajuan teknologi. Disadari, anak sekarang cenderung bermain game online dari pada main gasing.

Untuk mengantisipasi hilangnya budaya tersebut maka hendaknya diperlukan peran para tokoh-tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda, serta para kepala desa juga camat. Mereka bisa mengagendakan even-even kebudayaan tingkat desa atau tingkat kecamatan.

Politisi dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menambahkan, hendaknya apabila ada even-even kebudayaan, seperti Festival Iya Mulik Bengkang Turan perlu promosi besar-besaran baik melalui media cetak juga media elektronik agar menarik wisatawan lokal dan non lokal.

"Untuk tujuan tersebut, maka kita harus terus menggali budaya yang ada agar kedatangan para wisatawan ke daerah kita tidak mengecewakan," harapnya.



Komentar
Banner
Banner