Nasional

Diklaim Melandai, Kini Sisa 11 Wilayah Jawa-Bali PPKM Level 4

apahabar.com, JAKARTA – Pemerintah menyebut saat ini hanya ada 11 kabupaten/kota yang menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan…

Featured-Image
Ilustrasi PPKM Level IV. Foto-Ist

bakabar.com, JAKARTA – Pemerintah menyebut saat ini hanya ada 11 kabupaten/kota yang menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4. Hal itu terjadi karena jumlah penularan Covid-19 diklaim mengalami penurunan.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyebut situasi pandemi Covid-19 di Jawa dan Bali mengalami perbaikan. Menurutnya, hal itu tercermin dari penurunan jumlah daerah level 4.

“Kota/kabupaten yang berada di level 4, di mana per tanggal 5 September 2021, hanya 11 kota/kabupaten di Jawa-Bali yang ada di level 4 dari sebelumnya yang berjumlah 25 kota/kabupaten,” kata Luhut dalam jumpa pers daring di kanal Youtube Sekretariat Presiden, Senin (6/9).

Luhut berkata banyak daerah yang beralih status menjadi level 2. Pada 31 Agustus, daerah PPKM Level 2 berjumlah27 kabupaten/kota. Saat ini, ada 43 kabupaten/kota yang berstatus level 2.

Dia juga mengatakan penurunan status PPKM juga terjadi di tingkat provinsi. Saat ini hanya Provinsi Bali yang berstatus level 4 di Pulau Jawa dan Pulau Bali.

“Bali kami perkirakan butuh waktu satu minggu lagi untuk turun ke level 3 dari level 4 akibat perawatan pasien di RS yang masih tinggi,” ucap Luhut.

Dia berharap masyarakat tidak menyambut perbaikan kondisi ini dengan euforia. Luhut mewanti-wanti penularan Covid-19 bisa meningkat seketika jika seluruh pihak abai dengan protokol kesehatan.

“Bapak Presiden dalam rapat kabinet terbatas tadi siang menekankan bahwa Covid19 ini tidak akan hilang dalam waktu yang singkat, dan kita perlu menyiapkan diri untuk hidup bersama Covid-19,” tuturnya.

PPKM di Jawa dan Bali berakhir pada hari ini. Pemerintah memperpanjang penerapan kebijakan ini hingga 13 September. Di saat yang sama, PPKM diterapkan kembali di provinsi lainnya hingga 20 September.



Komentar
Banner
Banner