Relax

Dijamin! Nyamuk Kabur dengan 5 Bahan Alami Ini

apahabar.com, JAKARTA – Nyamuk merupakan salah satu serangga kecil yang keberadaannya menggangu manusia. Selain terasa gatal,…

Featured-Image

bakabar.com, JAKARTA – Nyamuk merupakan salah satu serangga kecil yang keberadaannya menggangu manusia. Selain terasa gatal, gigitan nyamuk bisa menyebabkan berbagai penyakit mematikan, seperti malaria dan demam berdarah.

Sebenarnya, ada beberapa faktor yang membuat sebuah ruangan menjadi sarang nyamuk. Di antaranya, udara sekitar ruangan lembab, tubuh berkeringat, genangan air yang jarang dikuras, serta kedap udara dan cahaya.

Untuk membasmi nyamuk, Anda bisa menggunakan lotion atau obat nyamuk bakar supaya lebih praktis. Namun, tak dapat dipungkiri, bahan kimia yang terkandung di dalamnya berpotensi terhirup bersama udara, sehingga bisa saja memicu penyakit lain.

Agar lebih aman, Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan alami. Merangkum berbagai sumber, berikut lima bahan alami yang bisa mengusir nyamuk.

1. Lavender

Sebuah penelitian yang dipublikasikan pada Journal of American Mosquito Control Association membuktikan minyak lavender ampuh mengusir nyamuk. Pasalnya, tanaman ini memiliki sifat analgesik, antijamur, dan antiseptik.

Adapun cara untuk memperoleh minyak lavender tidaklah sulit. Pertama-tama, Anda cukup membeli bunga lavender di toko bunga atau menanamnya sendiri di pekarangan rumah. Kemudian, hancurkan bunga tersebut sampai mengeluarkan minyak.

Minyak lavender itu bisa dioleskan ke bagian tubuh yang rawan gigitan nyamuk, seperti lengan dan pergelangan kaki. Selain itu, bisa juga menteskan minyak lavender ke kain bersih, lalu digosokkan ke badan.

2. Kayu Manis

Sebuah studi yang dimuat pada jurnal American Chemical Society mengungkapkan minyak kayu manis terbukti efektif untuk membunuh telur nyamuk. Bahan ini juga mampu membunuh nyamuk dewasa, terutama yang berjenis nyamuk harimau Asia dan nyamuk hutan.

Cara menggunakan minyak kayu manis terbilang cukup mudah. Campurkan 1/4 sendok teh atau 24 tetes minyak kayu manis pada 4 ons air. Kemudian, aduk atau kocok hingga semua bahan tercampur.

Campuran tersebut bisa disemprotkan ke kulit, namun pastikan takaran dan dosisnya pas agar tidak mengiritasi kulit. Selain itu, bisa juga disemprot ke benda-benda lain yang ada di dalam rumah, ataupun ke tanaman dan pekarangan.

3. Bunga Atsiri

Penelitian lain yang dimuat dalam Journal of American Mosquito Control Association menyatakan minyak dari bunga atsiri mampu membunuh nyamuk malaria. Bahkan, bahan ini diklaim sebagai obat pengusir nyamuk alami dengan perlindungan terbaik dan paling maksimal.

Selain bagian bunga, daun atsiri yang dibakar juga terbukti mampu memberikan perlindungan dari gigitan nyamuk hingga 80 persen selama 60 sampai 90 menit. Tak berbeda jauh dengan tanaman-tanaman sebelumnya, cara menggunakan minyak atisir sebagai obat nyamuk cukup mudah.

Campurkan empat tetes minyak atsiri dengan dua ons air. Selanjutnya, semprotkan ke kulit, pakaian, benda, hingga pekarangan rumah untuk perlindungan ekstra.

4. Serai

Sebuah penelitian dalam Malaria Journal mengungkapkan bahwa serai merupakan salah satu bahan alami yang efektif mengusir nyamuk. Dengan campuran bahan-bahan herbal lainnya, bumbu dapur ini mampu memberikan perlindungan ekstra dari gigitan nyamuk sampai 50 persen.

5. Bawang Putih

Bumbu dapur yang satu ini juga bisa digunakan untuk mengusir nyamuk. Sebab, bawang putih memiliki bau khas menyengat yang mampu membuat nyamuk enggan mendekat.

Caranya pun cukup mudah, di mana Anda hanya perlu menghancurkan beberapa siung bawang putih. Kemudian, merebusnya dalam air sampai mendidih. Larutan ini bisa disemprotkan ke seluruh ruangan di rumah untuk mengusir nyamuk.

Itulah lima bahan alami yang ampuh mengusir nyamuk beserta cara mengolah dan memakainya. Selamat mencoba! (Nurisma)



Komentar
Banner
Banner