Regional

Diberi Iming-Iming Naik Haji, Dua Emak-Emak di Depok Nyaris Terhipnotis

apahabar.com, DEPOK - Dua emak-emak di Kota Depok hampir tertipu. Dia nyaris kena hipnotis di Jalan Industri Kapal, Kecamatan Cimanggis, Kamis (8/6) siang.

Featured-Image
Pelaku penipuan dengan hipnotis di Kota Depok. Foto; Dok Polsek Cimanggis

bakabar.com, DEPOK - Dua emak-emak di Kota Depok hampir tertipu. Dia nyaris kena hipnotis di Jalan Industri Kapal, Kecamatan Cimanggis, Kamis (8/6) siang.

Pelakunya berjumlah tiga orang. Mereka melancarkan aksi dengan mengendarai mobil. Motifnya, pura-pura ingin memberikan santunan di Masjid Kubah Emas. Korban lalu diajak dan kepincut.

“Korban tergiur dan naik ke dalam mobil. Kemudian tiga orang pelaku menunjukkan uang Dollar Peru dan Korea Utara yang sudah kedaluwarsa. Juga ada uang mainan Rp100ribu di dalam tasnya,” kata Wakil Kapolsek Cimanggis, AKP Simare Mare, Kamis (8/6) sore.

Baca Juga: Polisi: Modus Penipuan iPhone 'Si Kembar' karena Umbar Harga Miring

Kala itu pelaku memberi iming-iming untuk memberikan hadiah umrah dan haji, plus uangRp100 juta. Syaratnya, korban harus menukarkan rupiah dengan uang asing milik pelaku.

"Modusnya mereka memperlihatkan uang dollar yang tidak diketahui korban apakah masih berlaku atau tidak. Korban tertarik dan berusaha mencari uang karena uang yang ada pada korban akan ditukarkan dengan dollar tersebut,” ungkap Mare.

Saat itu korban mengaku tak pegang uang tunai. Karena disimpan di rumah. Sedangkan satunya hanya memiliki kalung emas yang terpasang di leher.

"Kemudian dibantu pelaku untuk membuka kalung itu, lalu diserahkan ke pelaku dan pelaku bilang; bu silahkan dipegang lagi,” ujarnya.

Baca Juga: Polisi Tangkap Pelaku Diduga Hipnotis Penumpang Batik Solo Trans, Begini Kronologisnya

Sedangkan korban sebelumnya, turun dari mobil dan pergi ke rumahnya untuk mengambil uang Rp4,5 juta.

Uang itu sudah hampir dibawa dan diserahkan kepada pelaku. Untungnya, ada anak korban. Ia mempertanyaan soal uang yang dibawa ibunya itu.

Dari situ, korban tersadar. Ia lalu menceritakan apa yang dialaminya itu kepada sang anak.

"Sedangkan korban pertama masih dalam mobil dan massa beramai-ramai mengamankan pelaku," ungkap Mare.

Dua pelaku berhasil diamankan polisi. Sayangnya satu orang berhasil kabur. Tim Polsek Cimanggis masih melakukan pengejaran.

Editor


Komentar
Banner
Banner