DPRD Tanah Bumbu

Dewan Tanbu Gelar Paripurna Penyampaian LPJ APBD 2020

apahabar.com, BATULICIN – DPRD Tanah Bumbu (Tanbu) menggelar paripurna dalam rangka Penyampaian Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) APBD…

Featured-Image
Paripurna penyampaian LPJ APBD Tanah Bumbu 2020. Foto: DPRD Tanbu

bakabar.com, BATULICIN - DPRD Tanah Bumbu (Tanbu) menggelar paripurna dalam rangka Penyampaian Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) APBD 2020.

Rapat dipimpin Wakil Ketua II DPRD Tanbu, Agoes Rakhmady didampingi Wakil Ketua II Said Ismail Khollil Alydrus serta dihadiri Asisten III Administrasi Umum Andi Aminuddin, Kamis (3/6).

Bupati Tanbu, HM Zairullah Azhar, melalui Asisten Andi Aminuddin mengatakan pelaksanaan program pembangunan di Tanah Bumbu melahirkan berbagai inovasi yang sudah dicapai yang merupakan sebuah kemajuan yang patut diapresiasi.

Salah satunya dalam penataan pengelolaan keuangan daerah meraih predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian atau WTP, dan ini berturut-turut selama 7 tahun sejak tahun 2013 hingga 2019.

“Opini WTP ini diperoleh dari hasil audit BPK kepada Kabupaten Tanah Bumbu dikarenakan dapat menyajikan laporan keuangan pemerintah daerah dengan tepat waktu, lengkap, wajar hingga dapat dipertanggungjawabkan sesuai peraturan yang ada,” ujarnya.

Bupati mengatakan pihaknya sangat menyadari sebenarnya predikat opini WTP bagi Kabupaten Tanah Bumbu adalah sebuah keharusan yang mesti diraih.

Namun menurutnya dengan predikat WTP tersebut pula mampu menjadikan Kabupaten Tanah Bumbu berbeda dari kabupaten-kabupaten yang tidak hanya di Kalimantan Selatan, akan tetapi di seluruh Indonesia.

Dibalik itu pula ujar Bupati kritik dan saran yang sebelumnya telah diterima secara terbuka merupakan bagian hal terpenting dalam perjalanan pemerintah daerah.

“Tanpa itu semua, maka penyempurnaan kinerja tidak dapat kami lakukan. Dan oleh karena itu pula kami dapat memperoleh kemajuan dalam beberapa program," tuturnya.

Pihak eksekutif sendiri berharap dalam setiap program yang dibuat terdapat rekomendasi yang disampaikan sebagai bahan evaluasi penting bagi pemerintah daerah.

"Tentulah tak ada gading yang tak retak. Setiap manusia yang merupakan hamba dhaif senantiasa memiliki kekurangan dan tentu saja ini adalah bagian dari sebuah fitrah manusiawi," ungkapnya.

Melalui LPJ ini pula, pemerintah daerah mempresentasikan segenap aktifitasnya, baik kekurangan maupun kelebihannya.

"Semoga kita bersama dapat memberikan tanggapan demi kemajuan Tanah Bumbu ke depan," pungkas bupati.

Wakil Ketua DPRD Tanbu, Agoes Rakhmady menambahkan pihak legislatif akan selalu siap bersinergi dengan eksekutif dalam kemajuan daerah.

“Kita akan selalu bersinergi demi kemajuan Bumi Bersujud di segala sektor,” pungkasnya.



Komentar
Banner
Banner