Tak Berkategori

Dewa Katar Raih Juara 1 Apresiasi Pokdarwis Tingkat Nasional

apahabar.com, PELAIHARI – Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Dewa Katar dari Kelurahan Karang Taruna, Kecamatan Pelaihari, meraih…

Featured-Image
Pokdarwis Dewa Katar mendapat penghargaan pada malam Indonesia Suistainable Tourism Award, di The Ritz Calrton Pacific Place Hotel, Jakarta, Kamis (26/09). Foto-Istimewa

bakabar.com, PELAIHARI – Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Dewa Katar dari Kelurahan Karang Taruna, Kecamatan Pelaihari, meraih penghargaan juara 1 Apresiasi Pokdawis Kategori Berkembang tingkat Nasional 2019.

Penghargaan dari Kementerian Pariwisata Indonesia itu diberikan pada malam Indonesia Suistainable Tourism Award, di The Ritz Calrton Pacific Place Hotel, Jakarta,
Kamis (26/09).

Penghargaan diberikan oleh Menteri Pariwisata, Arief Yahya, kepada Ketua Pokdarwis Dewa Katar, Harjono. Ajang pemberian penghargaan itu sudah dilaksanakan sejak 2012.

Wakil Bupati Tanah Laut, Abdi Rahman, menyambut gembira keberhasilan Pokdarwis Tala yang mampu meraih prestasi hingga tingkat nasional. Terlebih ini adalah pertama kalinya ada Pokdarwis dari Kalimantan Selatan yang meraih penghargaan tersebut.

“Kita patut berbangga, Pokdarwis Dewa Katar mampu bersaing dan tidak kalah dengan Pokdarwis lainnya di seluruh Indonesia” ucap Abdi.

Penghargaan itu juga diharapkan mampu meningkatkan peran dan kapasitas Pokdarwis sebagai motivator dalam menciptakan iklim yang kondusif bagi dunia pariwisata.

Pemkab Tala melalui Dinas Pariwisata juga terus melakukan pembinaan agar Pokdarwis Dewa Katar mampu meraih penghargaaan di tingkat selanjutnya.

Ia pun berharap prestasi itu akan memicu Pokdarwis lainnya di Tala untuk dapat meraih prestasi, sehingga Pokdarwis lain dapat ikut serta memberikan manfaat kepada masyarakat.

Pokdarwis Dewa Katar fokus untuk mengedukasi masyarakat. Kegiatan yang dikelola di antaranya adalah pembelajaran tentang integrasi kelapa sawit dan ternak sapi, pembuatan pupuk kompos, budidaya lebah madu dan panen madu langsung.

Kemudian, budidaya jamur tiram dan aneka olahannya, kegiatan pemanfaatan perkarangan melalui kerjasama dengan kelompok Wanita Tani, pelatihan seni kuda lumping dan kegiatan belajar penyuluhan melalui Radio Taruna FM.

Baca Juga:Pelaku Usaha di Tala Dapat KUSUKA

Baca Juga:Pemkab Tala Gandeng Kemenag Cs Gelar Salat Istisqa

Reporter: Ahc14
Editor: Puja Mandela



Komentar
Banner
Banner