Relax

Deretan Film Tentang Kemerdekaan, Nomor 3 ‘Mengandung Bawang’

apahabar.com, JAKARTA – Perjuangan kemerdekaan bangsa punya kisah yang panjang. Dedikasi para pahlawan yang telah gugur,…

Featured-Image

bakabar.com, JAKARTA - Perjuangan kemerdekaan bangsa punya kisah yang panjang. Dedikasi para pahlawan yang telah gugur, menorehkan sejarah yang menginspirasi generasi masa kini.

Sebagai bentuk dokumentasi, sejumlah rumah produksi mengangkat kisah dari perjalanan tokoh-tokoh bangsa sebagai inspirasi utama dalam pembuatan film.

Filmkarya anak bangsa tentang perjuangan bertujuan menciptakan rasa nasionalisme masyarakat, terlebih jika menontonnya menjelang HUT Kemerdekaan RI.

Deretan film ini mampu menangkap situasi perjuangan demi meraih kedaulatan bangsa dan menggambarkan situasi yang terjadi pada masa penjajahan.

1. Merah Putih (2009)

Film Merah Putih yang rilis pada tahun 2009 merupakan bagian pertama dari “Trilogi Merdeka”. Ini merupakan salah satu film sejarah terbaik yang mengisahkan para pejuang Indonesia yang kembali melawan Belanda setelah kemerdekaan, tepatnya pada tahun 1947.

Film ini mungkin menjadi salah satu film nasional yang mendapat sentuhan Hollywood. Hal itu terjadi karena ‘Merah Putih’ melibatkan ahli-ahli Hollywood untuk proses produksinya, salah satunya ahli efek visual Adam Howarth yang sempat sukses dengan ‘Saving Private Ryan‘ dan ‘Blackhawk Down‘.

2. Soekarno: Indonesia Merdeka (2013)

Film ini sangat direkomendasikan untuk ditonton pada 17 Agustus karena mengisahkan tentang presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno.

Dalam film ini, penonton akan melihat Soekarno tampil dengan pidato-pidatonya yang penuh semangat.

Film yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo ini begitu detail mulai dari peristiwa pengasingan Soekarno hingga detik-detik proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Hebatnya, film ini menyabet penghargaan di ASEAN International Film Festival and Awards (AIFFA Award) untuk kategori Skenario Terbaik. Ario Bayu yang berperan sebagai Soekarno serta Lukman Sardi sebagai Moh. Hatta juga masuk dalam nominasi Aktor Terbaik dan Aktor Pendukung Terbaik dalam ajang tersebut.

HALAMAN
12


Komentar
Banner
Banner