Depok Electric Vehicle Community

Depok Electric Vehicle Community (DEVC), Kampanyekan Gaya Hidup Ramah Lingkungan

Depok Electric Vehicle Community (DEVC), sebuah komunitas pengguna motor listrik yang ingin mengedukasi gaya hidup ramah lingkungan.

Featured-Image
Kumpul bersama dan eduaksi Depok Electric Vehicle Community (DEVC). Foto: istimewa

bakabar.com, JAKARTA - Depok Electric Vehicle Community (DEVC), sebuah komunitas pengguna motor listrik yang ingin mengedukasi gaya hidup ramah lingkungan.

Motor listrik menjadi sebuah kemudahan dan tren ramah lingkungan bagi masyarakat. Motor listrik juga jadi upaya terciptanya suatu gaya hidup yang lebih ramah lingkungan. Salah satunya dilakukan oleh sebuah komunitas yang berbasis di Depok.

Depok Electric Vehicle Community (DEVC) didirikan pada 22 November 2022 oleh beberapa pengendara motor listrik berdomisili Depok, dan menjadi ajang berbagi dan kopi darat para pengguna molis. Komunitas ini memiliki visi untuk mengedukasi masyarakat agar beralih menggunakan motor listrik (molis).

Berawal dari keresahan sulitnya mencari bengkel resmi untuk melakukan servis, para pengguna motor listrik ini memutuskan untuk membuat komunitas untuk mempermudah para pengguna yang berlokasi di Depok.

"Awalnya khusus Uwinfly saja, untuk mengedukasi sekaligus sharing dan kumpul bareng," ujar Ferry Sofyan, selaku Ketua DEVC, pada bakabar.com, Rabu (30/8).

Baca Juga: Genjot Konversi Motor Listrik 2023, Pemerintah Targetkan 50.000 Unit

Kumpul bersama anggota Depok Electric Vehicle Community (DEVC). Foto: istimewa
Kumpul bersama anggota Depok Electric Vehicle Community (DEVC). Foto: istimewa

Hingga saat ini komunitas DEVC telah memiliki kurang lebih 100 anggota, dengan keinginan besar untuk mengayomi seluruh jenis motor listrik yang berada di Depok dan sekitarnya.

"Tapi dari temen-temen minta buat semua molis gabung, ya udah hingga sekarang kita welcome semua," katanya.

Beberapa kali komunitas ini juga mengadakan kegiatan, seperti melakukan riding bersama PLN UP3 dalam rangka HUT kr-78 RI pada 22 Agustus lalu. Komunitas ini juga sering melakukan kegiatan edukasi mengenai motor listrik, bersama beberapa komunitas lain.

Menurutnya menggunakan motor listrik jauh lebih hemat dan ramah lingkungan. Ia juga menyampaikan untuk memulai beralih dari diri sendiri dan keluarga.

"Saya dan istri juga sudah mulai beralih pakai motor listrik, dan jadi lebih hemat," kata Ferry.

Ia juga berharap, pemerintah juga mendukung membangun infrastruktur di beberapa titik untuk mempermudah pengisian bahan bakar listrik, serta membuat regulasi yang baik dengan pihak kepolisian. Serta melakukan sosialisasi terhadap masyarakat bahwa motor listrik kendaraan yang ramah lingkungan.

"Soalnya masyarakat menganggap molis ini sebagai barang mewah," katanya.

Baca Juga: Syarat Baru Subsidi Motor Listrik, 1 KTP untuk Pembelian 1 Unit

Saat ini Ferry bersama teman-teman komunitas juga sedang berupaya untuk membuat sebuah klinik motor listrik. Tujuannya untuk mempermudah para pengguna molis di Depok melakukan perawatan motor listrik mereka.

Ferry juga berharap, kedepannya peminat motor listrik akan berkembang dan bisa berkontribusi menuju lingkungan yang lebih baik. Serta membangun kekompakan antar pengguna kendaraan listrik.

Editor


Komentar
Banner
Banner