Demo Dpr

Demo Tolak UU Ciptaker: Mahasiswa Lempar Bangkai ke DPR!

Para mahasiswa pun melempar tikus mati ke dalam gedung DPR sebagai bentuk kekesalanny dengan bentuk simbolis kekesalan terhadap DPR yang sahkan UU Cipta Kerja.

Featured-Image
Beberapa mahasiswa juga terlihat mencoba merusak kamera CCTV. apahabar.com/Tito

bakabar.com, JAKARTA - Ribuan massa gabungan elemen mahasiswa melakukan aksi demonstrasi menolak UU Cipta Kerja (Ciptaker) di depan gedung DPR, Kamis (6/3). Aksi berlangsung hingga malam hari. 

Pantauan bakabar.com, para mahasiswa pun melempar tikus mati ke dalam gedung DPR sebagai simbol kekesalan terhadap pengesahan UU Cipta Kerja.

Beberapa saat berselang, seorang orator terlihat memberikan perintah kepada massa untuk menggoyang-goyangkan pagar gedung DPR.

Baca Juga: Demo Tolak UU Ciptaker: Mahasiswa Lempar Bangkai ke DPR!

"Teman-teman yang mau ngabuburit teman-teman. Mari kita iseng koyak-koyak pager ini kawan-kawan. Tapi tetap diingat untuk tidak rusuh," ujar orator dari atas mobil komando itu. 

Mahasiswa juga terlihat membakar ban bekas yang diletakkan di beberapa titik depan gerbang utama gedung DPR-MPR. Beberapa mahasiswa juga terlihat mencoba merusak kamera CCTV yang ada.

Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) Melki Sedek Huang berkata pengesahan Perppu Ciptaker menjadi Undang-Undang telah menggerus kepercayaan publik terhadap wakil rakyat. 

Baca Juga: Demo KPK: Desakan Firli Mundur Menggema, Mahasiswa Bentrok

"Hal ini mengakibatkan ketidakpercayaan kami terhadap seluruh lembaga negara, termasuk lembaga eksekutif yang membentuk produk hukum secara tertutup," jelasnya.  

Lembaga legislatif, menurutnya telah mempermulus pengesahan Perppu Cipta Kerja sampai dengan lembaga yudikatif yang seakan-akan tutup mata. "Mereka semua seolah tidak peduli," ujarnya.

Baca Juga: Turun ke Jalan Tolak UU Ciptaker, Artis Jefri Nicol: Mereka Wakil Siapa?

Aksi para mahasiswa itu diikuti dengan membakar water barrier serta beberapa kain spanduk yang mereka bawa.

"Kita dihadapkan dengan kekecewaan sebab DPR mengesahkan Perppu Ciptaker. Ayo lawan, kawan-kawan," seru orator. 

Sampai berita ini tayang, demo masih berlangsung. 

Editor


Komentar
Banner
Banner