Kalsel

Demo DPRD Kalsel: Supian HK Siap Mundur Jika Meratus Ditambang

apahabar.com, BANJARMASIN – Selain menolak kriminalisi pers, dan sejumlah rancangan undang-undang bermasalah, massa aksi turut menyuarakan…

Featured-Image
Ketua DPRD Kalsel Supian HK didampingi sejumlah wakil ketua menemui para pedemo di depan Rumah Banjar, Jalan Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Senin siang. Foto-apahabar.com/Rizal

bakabar.com, BANJARMASIN – Selain menolak kriminalisi pers, dan sejumlah rancangan undang-undang bermasalah, massa aksi turut menyuarakan gerakan penyelamatan Pegunungan Meratus.

Mendengar aspirasi gelombang rakyat di DPRD Kalsel itu, Supian HK pun menebar sejumlah janji manis ke massa aksi.

Ketua DPRD Kalsel terpilih itu siap mundur jika Meratus terjamaah oleh cakar pertambangan batu bara.

Meratus yang dimaksud adalah suatu bentang alam di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST). Selama ini HST dikenal sebagai daerah penyangga ekosistem wilayah Banua.

“Saya berjanji kalau saya akan memperjuangkan aspirasi Anda. Saya berjanji akan mundur dari jabatan saya apabila tidak berhasil menepati,” kata Supian di tengah para pedemo.

Mendengar itu, salah satu massa aksi mengatakan kepada para wakil rakyat itu untuk tidak terlalu banyak berbohong kepada masyarakat.

“Jangan terlalu banyak mendustai rakyat pak. Kami memilih bapak karena kami percaya Anda bisa memperjuangkan rakyat,” katanya siang itu.

Orasi itu disambut dengan riuh sorak sorai dan tepuk tangan para massa aksi.

Supian lalu membalas bahwa dirinya adalah pemegang izin analisis dampak lingkungan pertambangan. Dan apabila izin dilayangkan, dia siap akan menolak izin tersebut.

Sampai berita ini diturunkan ratusan warga dan mahasiswa masih memenuhi Jalan Lambung Mangkurat depan Gedung DPRD Kalsel.

Demo ini bersamaan dengan dilantiknya unsur pimpinan di DPRD Kalsel sementara menjadi pimpinan tetap.

Membawa sejumlah atribut beserta nisan, massa aksi mengusung 8 tuntutan. Antara lain mendesak penerbitan peraturan pemerintah pengganti undang-undang (Perppu) KPK hingga setop kriminalisasi pers.

Apabila tuntuntan tersebut dilupakan wakil rakyat, mereka siap melakukan demo susulan.

“Apabila bapak anggota dewan tidak menepati janji, Jangankan yang di Kalsel, yang di DPR RI pun akan kami turunkan,” tegas mereka.

Baca Juga: Aksi Simpatik Polisi Warnai Unjuk Rasa di DPRD Kalsel

Baca Juga: 8 Tuntutan Demo Aliansi Gelombang Rakyat Kalsel di Banjarmasin

Baca Juga: Demo di DPRD Kalsel, Anggota Dewan Turun Temui Mahasiswa

Baca Juga: Massa Aksi Mulai Sesaki Jalan Lambung Mangkurat, Lalu Lintas Lumpuh Total

Reporter: Riyad Dafhi R.
Editor: Fariz Fadhillah



Komentar
Banner
Banner