Pabrik Motor Listrik

Demi Capai TKDN 50 Persen, ION Mobility Siap Buka Pabrik di Indonesia

Produsen motor listrik asal Singapura ION Mobility akan menyediakan fasilitas produksi di Indonesia yang berlokasi di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.

Featured-Image
Demi mencapai TKDN 50 persen, ION Mobility siap buka pabrik di Indonesia. Foto: dok. ION

bakabar.com, JAKARTA - Produsen motor listrik asal Singapura ION Mobility akan menyediakan fasilitas produksi di Indonesia yang berlokasi di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.

"Fasilitas produksi di Cikarang (nanti) akan menjadi pendorong utama kami untuk mencapai TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri) 50 persen pada akhir 2023," kata CEO & Pendiri ION Mobility James Chan dalam keterangan tertulisnya, Selasa (14/2).

Menurutnya, dalam jangka pendek pihaknya memilih opsi dengnan mempersiapkan perakitan Completely Knock Down (CKD) lokal Indonesia, dengan pabrik TVS di Karawang Timur.

"Kami berharap dapat menawarkan tur media ke fasilitas kami akhir tahun ini, di mana anda dapat merasakan pembuatan baterai dan M1-S di depan Anda, dan menguji coba sepeda motor (hasil) perakitan sesudahnya," ungkapnya.

Baca Juga: Pahami Sebelum Membeli, Tips Memilih Motor Bekas Berkualitas

Baca Juga: Royal Enfield Buka Selubung Motor Baru, Tampil di IIMS 2023?

Dengan begitu, ION berharap bisa memperkenalkan setidaknya satu hingga dua model baru kendaraan listrik dalam tahun-tahun mendatang, sementara peta jalan produksi secara konprehensif tetap dalam pemikiran.

ION Mobility yang bisa disingkat menjadi I-O-N-M, dengan M1-S menjadi model pertama dari seri "M", sehingga perusahaan ini merencanakan ada empat model utama dengan beberapa varian pada setiap modelnya.

Di Indonesia, ION telah memperkenalkan model pertamanya M1-S pada IMOS 2022 awal November.

ION memulai tahun ini dengan menutup putaran pendanaan Seri A senilai 18,7 juta dolar AS dan menandatangani Perjanjian Kemitraan Strategis dengan TVS Motors.

Editor


Komentar
Banner
Banner