transfer pemain

Declan Rice Akhirnya Resmi Gabung Arsenal

Declan Rice akhirnya resmi bergabung bersama Arsenal setelah menyelesaikan kesepakatan dengan West Ham United pada Sabtu (15/7).

Featured-Image
Declan Rice (tengah) akhirnya menandatangani kontrak untuk bergabung dengan Arsenal. (foto: arsenalfc)

bakabar.com, JAKARTA - Declan Rice akhirnya resmi bergabung bersama Arsenal setelah menyelesaikan kesepakatan dengan West Ham United pada Sabtu (15/7).

Arsenal mendapatkan Rice tidak mudah. Mereka dilaporkan harus mengeluarkan 105 juta poundsterling (Rp2,06 triliun) dengan kontrak berdurasi selama lima tahun kedepan.

Nilai transfer Rice ini sekaligus mengalahkan rekor pembelian termahal klub saat Arsenal membawa Nicolas Pepe dari Lille pada 2019 dengan harga 72 juta poundsterling (1,4 triliun). 

Baca Juga: West Ham Marahi Arsenal Tunda Kesepakatan Pembelian Declan Rice

Selain itu, jumlah pembayaran ini membuatnya mengungguli rekan setimnya di timnas Inggris, Jack Grealish yang pindah dari Aston Villa ke Manchester City seharga 100 juta poundsterling (1,9 triliun) pada 2021, dan menjadi pemain termahal Inggris.

Namun, rekor Rice ini masih kalah dengan pembelian termahal sepanjang sejarah Liga Inggris, yang dipegang Enzo Fernandez dari Benfica ke Chelsea dengan harga 106 juta poundsterling (Rp2,07 triliun), Januari lalu.

Rice yang akan menggunakan nomor 41 sama seperti di West Ham, merasa senang bisa bergabung dengan Arsenal yang tampil luar biasa di musim lalu. Itu menjadi salah satu alasan ia memutuskan bergabung dengan klub London Utara tersebut.

Baca Juga: Granit Xhaka Pergi, Declan Rice Segera Merapat ke Arsenal

"Saya hanya mendapatkan satu kesempatan dan saya sangat percaya pada apa yang Mikel (Arteta) bangun di sini dan skuad yang dia bangun. Saya sangat menantikan masa depan bersama Arsenal," kata Rice dilansir situs resmi tim.

Meski terbilang cukup muda, gelandang berusia 24 tahun ini memiliki banyak pengalaman di level klub dan internasional.

Rice telah mencatatkan 245 penampilan selama enam musim bersama West Ham serta 43 kali berseragam timnas senior Inggris. Ia menjadi pemain reguler timnas Inggris saat Piala Eropa 2020 dan Piala Dunia 2022.

Baca Juga: Arsenal Selangkah Lagi Boyong Declan Rice

Bagi Arteta, ini merupakan kabar bagus bisa kedatangan Rice di dalam skuadnya. Sebab, ia sangat yakin sang pemain dapat menambahkan kekuatan tim untuk meraih gelar di musim depan.

"Ia pemain yang memiliki kemampuan luar biasa, yang menunjukkan penampilan hebat di Liga Inggris dan timnas Inggris selama beberapa musim. Rice memiliki banyak pengalaman di Liga Inggris dan menjadi kapten West Ham yang baru saja memenangi trofi Liga Europa," ucap pelatih asal Spanyol tersebut.

Rice menjadi rekrutan ketiga Arsenal musim panas ini, setelah Kai Havertz pindah dari Chelsea dengan 65 juta poundsterling (Rp1,2 triliun), serta Jurrien Timber dari Ajax dengan kesepakatan 34 juta poundsterling (Rp 666 miliar). 

Editor


Komentar
Banner
Banner