liga spanyol

Debut dan Cetak Gol, Wonderkid Barcelona Marc Guiu Banjir Pujian

Pelatih Barcelona Xavi Hernandez memuji pemain berusia 17 tahun Marc Guiu usai menjadi pahlawan timnya mengalahkan Athletic Bilbao, Senin (23/10) dini hari WIB.

Featured-Image
Penyerang muda Barcelona, Marc Guiu melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Athletico Bilbao, Senin (23/10). foto: LaLiga

bakabar.com, JAKARTA - Pelatih Barcelona Xavi Hernandez memuji pemain berusia 17 tahun Marc Guiu usai menjadi pahlawan timnya mengalahkan Athletic Bilbao, Senin (23/10) dini hari WIB.

Guiu baru dimasukkan saat waktu tersisa 10 menit lagi di Stadion Olimpiade. Namun baru berjalan 23 detik, ia sukses mencetak gol berkat umpan dari João Félix untuk memberi Barca kemenangan tipis 1-0.

“Marc (Guiu) adalah anak dari akademi dan ia membuat perbedaan. Saya senang untuknya dan dengan tiga poin, itu sangat penting," ucap Xavi dilansir footballespana.

Keputusan Xavi memasukan Guiu untuk menggantikan Fermin Lopez terbilang tepat. Sebab, wonderkid Barcelona itu memang bertipikal penyerang di akademi Barcelona.

Baca Juga: Barcelona Diimbangi Granada, Lamine Yamal Catatkan Sejarah

"Saya memikirkan ia pada saat itu karena ia adalah seorang pencetak gol, ia memiliki semangat dan saya menyukainya secara pribadi. Saya tidak punya masalah melihat apa yang kami miliki. Sebaliknya. Saya ingin memberi mereka kepercayaan diri yang diberikan kepada saya pada usia 17, 18 tahun," ujar Xavi.

Guiu adalah pemain muda terbaru yang muncul dari akademi Barcelona dan memberikan pengaruh di tim utama.

Sebelumnya, Lamine Yamal (16) dan Fermín Lopez (20) juga berhasil menembus skuat utama Barcelona di musim ini dan mencetak gol-gol penting dalam comeback melawan Mallorca dan Granada.

Gavi (19) dan Alejandro Balde (20), keduanya sudah lebih dulu membuktikan diri sebagai pemain tetap di tim utama Barca.

Baca Juga: Sergio Ramos Cetak Gol Bunuh Diri, Pelatih Barcelona Lontarkan Pujian

“Hal yang mengejutkan saya dengan generasi ini adalah mereka tidak memiliki rasa takut. Mungkin berbeda di zaman saya. Mereka punya semangat itu. Saya melihatnya di Gavi, Balde, Lamine, Fermín… dan saya melihatnya di Marc. Tidak ada rasa takut di wajahnya," ucap Xavi.

Selain itu, beberapa rekan setimnya seperti Ronald Araujo, Joao Felix dan lainnya juga senang melihat penampilan perdana Guiu yang bermain dengan berani dan sangat bersemangat di atas lapangan.

Sedangkan Guiu, yang bergabung dengan akademi Barcelona pada 2013 dan merupakan pemain timnas Spanyol U-17, menikmati momen tersebut.

"Saya tidak percaya. Saya menikmati momen ini. Saya tidak membayangkannya. Saya telah bekerja sepanjang hidup saya untuk itu, memanfaatkan setiap kesempatan dan saya tidak akan tidur malam ini," ungkap Guiu. 

Xavi memberikan kesempatan Guiu bermain tak lepas dengan badai cedera yang diterpa skuat Barcelona.

Baca Juga: Barcelona vs Sevilla, Xavi Hernandez: Lini Pertahanan Blaugrana Lemah

Saat ini tercatat ada banyak pemain yang absen karena masih mengalami cedera seperti Robert Lewandowski, Frenkie de Jong, Pedri, Jules Koundé, Raphinha dan Sergi Roberto.

Bahkan, pelatih berusia 43 tahun itu mengatakan baik Kounde maupun Roberto tidak akan bermain saat melawan Shakhtar Donetsk di Liga Champions atau Real Madrid di La Liga, pekan ini.

Dengan jelang bertempur di El Clásico, Sabtu (28/10) depan, Barca kini hanya tertinggal satu poin dari Real Madrid, yang berada di puncak klasemen bersama Girona dengan 25 poin.

Editor
Komentar
Banner
Banner