Sunscreen

Cuaca Panas, 6 Bagian Tubuh Ini Tetap Butuh Olesan Sunscreen

Sunscreen atau tabir surya sangat penting digunakan di cuaca panas agar terhindar dan terlindungi dari sinar matahari.

Featured-Image
Ilustrasi penggunaan Sunscreen pada tubuh. Foto: corinnabsworld

bakabar.com, JAKARTASunscreen atau tabir surya sangat penting digunakan di cuaca panas agar terhindar dari sinar matahari.

Sebelum keluar rumah mungkin sudah terbiasa mengaplikasikan sunscreen atau tabir surya pada wajah, lengan, dan kaki, tetapi seharusnya tidak hanya sampai disitu saja.

Melansir dari Everydayhealth, Menurut American Academy of Dermatology Association (AAD), kebanyakan orang dewasa membutuhkan dan mempunyai satu tube tabir surya dan digunakan untuk mengaplikasikan ke seluruh tubuh.

Tapi, kebanyakan orang hanya menerapkan 25 hingga 50 persen dari jumlah tersebut. Penggunaan tabir surya setiap hari dengan SPF 15 atau lebih menunjukan penuaan kulit 24 persen lebih sedikit.

“Tabir surya harus digunakan setiap hari, apa pun cuacanya dan digunakan kembali setiap dua jam sekali,” kata Michele Green, MD, dokter kulit bersertifikat yang berbasis di New York City.

Baca Juga: Rekomendasi Sunscreen Powder yang Cocok untuk Touch up di Atas Makeup

Seperti kulit kepala, bibir, telinga, leher dan dada cenderung diabaikan, mungkin karena area tersebut terasa tidak nyaman atau area tersebut tidak terlalu terdampak sinar matahari. Namun, menurut Mayo Clinic, banyak dari area ini merupakan lokasi kanker kulit berisiko tinggi.

Biasanya, bagian tubuh yang disebut di bawah ini adalah bagian yang paling sering dilupakan untuk dilindungi dari sinar matahari:

Kulit Kepala

Kulit kepala adalah titik tertinggi di tubuh sehingga lebih rentan terbakar di bandingkan area lainnya. Untuk mencegah kanker kulit, SPF harus selalu diterapkan pada kulit kepala dan garis rambut. Meskipun kanker kulit kepala tidak umum terjadi, tetapi kanker ini menyumbang 2 hingga 5 persen dari semua melanoma kulit, sehingga tetap harus menggunakan SPF. Topi juga bisa membantu menghindari sinar UV.

Ada beragam tabir surya yang tersedia yang diformulasikan untuk melindungi kulit kepala.

Bibir

Ilustrasi menggunakan Lip balm sunscreen. Foto: kamini.id
Ilustrasi menggunakan Lip balm sunscreen. Foto: kamini.id

Bibir juga perlu menggunakan tabir surya, di area bibir bisa menggunakan lip balm dengan SPF 30 atau lebih tinggi, menurut American Academy of Dermatology Association. Menggunakan lip balm merupakan cara yang baik untuk membantu mencegah perkembangan kanker kulit dan kerutan di area tersebut.

Telinga

Teliga merupakan area tubuh yang paling banyak terkena sinar matahari jadi jangan lupa untuk mengoleskan tabir surya ke telinga, karena telinga juga merupakan lokasi yang paling umum terjadinya kanker kulit.

Baca Juga: Seberapa Aman Menggunakan Sunscreen Spray?

Kelopak Mata

Kulit sekitar mata tipis, sehingga rentan terhadap kanker kulit serta tanda-tanda penuaan. Banyak orang menahan diri untuk tidak mengaplikasikan SPF pada kelopak mata karena sensitivitas area tersebut. Untuk perlindungan tanpa rasa perih gunakan tabir surya mineral yang mengandung titanium dioksida atau seng oksida.

Leher dan Dada

Banyak orang yang sering lupa mengaplikasikan tabir surya di leher dan dada padahal leher dan dada juga penting, karena sekitar 20 persen kasus kanker kulit berkembang di area tersebut. Oleh karena itu jangan lupakaan bagian leher dan dada.

Kaki

Kaki merupakan bagian tubuh yang paling banyak terkena sinar matahari, jangan lupa lindungi kaki dari sinar matahari dengan mengaplikasikan tabir surya ke area tersebut.

Kaki bagian atas tetap harus dilindungi oleh tabir surya karena Kanker kulit melanoma umumnya sering terjadi pada punggung dan pergelangan kaki.

Editor


Komentar
Banner
Banner