Tabir Surya

Sunscreen juga Penting untuk Bayi Diatas 6 Bulan

Menggunakan tabir surya atau sunscreen penting digunakan pada bayi, terutama jika sudah berusia di atas 6 bulan.

Featured-Image
Pentingnya penggunaan sunscreen pada bayi.

apahabar, JAKARTA – Menggunakan tabir surya atau sunscreen penting digunakan pada bayi, terutama jika sudah berusia di atas 6 bulan.

Bayi masih sangat perlu mendapatkan vitamin D untuk membantu penyerapan kalsium sehingga tulang dapat terbentuk dengan kuat.

Ketika kulit terpapar sinar ultraviolet matahari akan memicu sintesis vitamin D. Ginjal dan hati akan mengubahnya menjadi vitamin D aktif yang dapat digunakan tubuh sehingga dapat meningkatkan peresapan kalsium dan kesehatan tulang.  

Namun jika membawa bayi langsung terkena paparan sinar matahari tanpa adanya pelindung dapat memberikan peluang terkena melanoma atau salah satu bentuk kanker kulit yang serius.

Salah satu perlindungi bayi dari paparan sinar matahari secara langsung adalah dengan menggunakan sunscreen.

Baca Juga: Masuk Musim Hujan, Sunscreen Tetap Wajib!

Penggunaannya tentu berbeda dengan orang dewasa. Secara umum, bayi di bawah 6 bulan sebaiknya tidak menggunakan sunscreen karena kulitnya masih sangat sensitif.

“Penggunaan tabir surya harus diminimalkan untuk bayi berusia kurang dari 6 bulan karena kulit sensitif mereka dapat teriritasi dan ada kekhawatiran dalam penyerapannya,” ujar dokter kulit bersertifkat, Hadley King Md, melansir dari Byrdie.

Sunscreen Bantu Lindungi Kulit Bayi dari Sengatan Sinar Matahari

Menggunakan sunscreen sangat bermanfaat bagi kulit bayi. Salah satu manfaatnya adalah dapat mencegah sengatan matahari yang dapat membakar kulit.

“Sinar matahari dapat menyebabkan luka bakar akibat panas. Luka bakar ini mirip dengan luka bakar yang mungkin terjadi jika terkena api kompor,” ucap Christina Johns, Md, melansir dari VeryWell Family.

Gunakan sunscreen secukupnya , namun hindari bagian mata saat mengaplikasikan sunscreen pada bayi anda untuk menghindari potensi menetes dan menyebabkan rasa perih hingga iritasi.

Baca Juga: Seberapa Aman Menggunakan Sunscreen Spray?

Tentunya perlindungan yang dapat diberikan oleh sunscreen tidak bertahan sepanjang hari. Oleskan kembali setiap dua jam sekali, saat berkeringat, dan setelah beraktivitas seperti berenang.

Pilih Sunscreen Khusus

Para dokter kulit menyarankan untuk memilih sunscreen dengan jenis physical sunscreen yang mengandung seng oksida dan titanium dioksida dengan SPF 30 atau lebih.

“Bayi memiliki kulit yang sangat tipis dan menyerap banyak topical dibandingkan orang dewasa, jadi pastikan produk tersebut 100% physical sunscreen yang hanya mengandung seng oksida dan titanium dioksida,” saran Dr Karan Lal, DO MS FAAD melansir dari VeryWell Family.

Pada dasarnya physical sunscreen bukan merupakan bahan kimia seperti avobenzone atau oxybenzone yang dapat menyerap sinar matahari dan membuat kulit menjadi panas.

Editor
Komentar
Banner
Banner