Perlindungan Kulit

Mana Lebih Baik, Physical Sunscreen atau Chemical Sunscreen?

Sunscreen sangat dibutuhkan untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Namun penting mengetahui jenis sunscreen yang cocok untuk kulit.

Featured-Image
Perbedaan physical sunscreen dengan chemical sunscreen.

apahabar, JAKARTA – Menggunakan sunscreen sangat dibutuhkan untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Namun perlu untuk mengetahui jenis sunscreen yang cocok untuk kulit.

Terdapat dua jenis sunscreen yaitu physical sunscreen dan chemical sunscreen. Dua jenis ini dapat dibedakan dari cara mereka memblokir sinar matahari.

Physical sunscreen menempel di permukaan kulit dan berfungsi sebagai pelindung, sedangkan chemical sunscreen meresap ke dalam kulit dan menyerap seperti spons.

Jenis sunscreen mana yang bagus untuk kulit?

Physical sunscreen

Sunscreen ini dikenal dengan tabir surya mineral yang berfungsi memantulkan radiasi sinar UVA dan UVB. Memiliki kandungan mineral titanium dioksida dan seng oksida yang merupakan bahan aktif utama untuk memblokir pancaran matahari.

Physical sunscreen memberikan perlindungan dengan spektrum luas yang dapat membantu menangkal kerusakan kulit akibat sinar UVA.

Jenis ini sangat cocok digunakan pada wajah karena dapat membantu mencegah hiperpigmentasi, bitnik-bintik coklat, dan kerutan pada wajah.

Kandungan bahan aktif pada sunscreen ini cocok digunakan untuk kondisi kulit yang sensitif dan aman digunakan pada anak-anak.

“Tabir surya seng oksida sering direkomendasikan untuk orang dengan sensitivitas kulit, termasuk jerawat. Dan cukup lembut digunakan pada anak-anak,” ucap Elizabeth Hale, MD, dokter kulit bersertifikat melansir dari Healthline.

Kekurangan dari physical sunscreen adalah tidak selalu tahan air, sehingga harus lebih sering mengaplikasikannya kembali.

Chemical sunscreen

Berbeda dengan physical sunscreen, tabir surya jenis ini menyerap ke dalam kulit lalu menyerap sinar UV. Akibat penyerapan sinar ke kulit membuat kulit menjadi panas.

Beberapa bahan aktif dari chemical sunscreen yang dapat menyerap sinar matahari seperti avobenzone, octinoxate, dan oxybenzone.

Formulasi chemical sunscreen lebih tahan air dibandingkan physical sunscreen. Jenis sunscreen ini lebih cocok digunakan pada badan, seperti untuk berenang, berolahraga, dan aktivitas lain yang banyak mengeluarkan keringat.

Jadi, mana yang lebih baik? Keduanya memiliki fungsi yang dibutuhkan oleh kulit. Yang terpenting adalah tetap menggunakan sunscreen dalam kondisi apapun.

“Apakah mereka memilih physical sunscreen atau chemical sunscreen itu pilihan mereka. Yang terpenting jika mereka memakai SPF 30, saya senang dengan itu,” kata Dr. David Harvey MD, melansir dari Piedmont Healthcare.


Editor
Komentar
Banner
Banner