Perawatan Wajah

Kuas Makeup Wajib Dibersihkan, Gunakan Tiga Cara Ampuh Ini

Para pecinta makeup wajib membersihkan kuas makeup. Hal ini agar wajah tak mudah terpapar bakteri dan kuman dari kuas yang kotor.

Featured-Image
Cara Membersihkan Kuas Makeup di Rumah. Foto: Weridi

apahabar, JAKARTA – Para pecinta makeup wajib membersihkan kuas makeup. Hal ini agar wajah tak mudah terpapar bakteri dan kuman dari kuas yang kotor.

Kuas makeup bisa menjadi tempat berkembang biaknya bakteri yang dapat menyebabkan infeksi. Beberapa infeksi tersebut bisa disebabkan karena jamur e-Coli atau infeksi Staph.

Selain itu, kuas makeup yang kotor bisa menimbulkan kerusakan pada kulit. Sebab terjadi penumpukan dari sisa produk, kotoran, dan minyak.

Para ahli mengatakan bahwa kuas yang digunakan untuk riasan wajah seperti bronzer, alas bedak, dan concealer harus dibersihkan setidaknya seminggu sekali.

“Sebagai penata rias professional, saya menemukan bahwa tidak ada yang bisa mengalahkan pembersihan kuas makeup secara menyeluruh setidaknya seminggu sekali,” ucap Jalesse Jaikaran, melansir dari Byrdie.

Membersihkan kuas makeup tidak perlu menggunakan pembersih atau sabun mewah. Anda dapat melakukannya di rumah dengan beberapa barang umum yang mungkin sudah tersedia di rumah.

Berikut kiat-kiat pembersih kuas makeup yang dapat dilakukan sendiri di rumah:

Gunakan Campuran Cuka dan Lemon

Larutan alami dari campuran cuka dan lemon merupakan kombinasi sempurna untuk membersihkan kuas anda.

Campurkan dua sendok makan cuka putih ke dalam secangkir air panas, celupkan kuas anda lalu bilas dengan air hangat.

Untuk melawan bau cuka yang menyengat, berikan aroma lemon pada kuas anda dengan menggosokannya secara lembut pada lemon.

Sampo Bayi

Sampo bayi menjadi alternatif yang sangat aman untuk membersihkan kuas makeup karena sampo bayi tidak mengandung bahan aktif berbahaya yang membuat kulit sensitif.

Cara menggunakannya adalah cukup basahi kuas dengan air hangat, lalu tambahkan sedikit sampo bayi dan gosokkan dengan gerakan memutar.

Bilas dan lakukan sampai kuas dirasa sudah bersih dan tidak ada sisa makeup yang menempel.

Minyak Zaitun

Menggunakan minyak zaitun paling cocok digunakan pada kuas makeup yang lebih kecil. Minyak zaitun tidak hanya berfungsi sebagai pembersih kuas tapi juga sebagai kondisioner.

Caranya adalah rendam sikat ke dalam mangkok yang berisi minyak zaitun, usapkan bulu sikat kuas dengan spons atau menggunakan jari anda. Lakukan di bawah air yang mengalir.

Untuk hasil yang lebih maksimal, campurkan minyak zaitun dengan sampo anda lalu bersihkan seperti biasa.

Saat membersihkan kuas makeup, perlu konsentrasikan pada bulu sikat kuas. Jangan rendam seluruh sikat karena dapat melonggarkan struktur kuas dan bisa menyebabkan bulu kuas rontok.

Editor
Komentar
Banner
Banner