Tak Berkategori

Covid-19 di Balikpapan Bertambah, Tenaga Medis Waspadai Pasien Pra-Operasi

apahabar.com, BALIKPAPAN – Kasus Covid-19 di Kota Balikpapan terus beranjak naik. Satgas Covid-19 Kota Balikpapan mengumumkan…

Featured-Image
Ilustrasi pasien Covid-19. Foto-Istimewa

bakabar.com, BALIKPAPAN – Kasus Covid-19 di Kota Balikpapan terus beranjak naik. Satgas Covid-19 Kota Balikpapan mengumumkan ada 37 kasus positif baru pada Kamis (3/6) hari ini.

“Iya, ada penambahan 37 kasus baru dan 25 pasien sembuh atau selesai menjalani isolasi. Lalu, ada 1 pasien yang meninggal dunia,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan, Andi Sri Juliarty.

Wanita yang akrab disapa Dio mengatakan hal menjadi atensi kali ini ialah penularan pada keluarga.

Dari penambahan tersebut terdapat empat klaster keluarga di Karang Rejo, Kecamatan Balikpapan Tengah, Balikpapan Baru, Kecamatan Balikpapan Selatan serta dua klaster dari Kelurahan Sepinggan Baru.

“Ini yang patut diwaspadai. Penularan pada keluarga jadi atensi. Hari ini ada empat klaster. Mohon masyarakat tetap waspada,” katanya.

Selain klaster keluarga, Dio menyebut adanya sejumlah kasus ibu hamil dan pasien yang hendak menjalani operasi tapi malah positif Covid-19.

“Sejak pandemi setiap akan operasi tindakan medis dicek antigen dulu. Nah, ini 3 pasien akan operasi terdeteksi Covid-19. Ada 1 ibu hamil,” ungkapnya.

Dia mengatakan pemeriksaan awal untuk deteksi dini kepada pasien sebelum operasi merupakan tindakan yang efektif untuk mencegah penularan Covid-19 kepada para tenaga medis.

“Berarti skrining pra operasi ini berguna. Bisa ketahuan sebelum tindakan operasi dilakukan. Ini memutus rantai penularan kasus ke tim medis yang akan melakukan operasi,” pungkasnya.



Komentar
Banner
Banner