Teknologi Pada EV

Chip Snapdragon 8155 akan Jadi Pengendali Mobil Listrik Chery Omoda E5

Chipset Snapdragon 8155 menjadi prosesor di balik ragam fitur canggih mobil listrik Chery Omoda E5 yang akan rilis dalam waktu dekat di Indonesia.

Featured-Image
Chip Snapdragon jadi otak head unit Chery Omoda E5. Foto: dok. Qualcomm

bakabar.com, JAKARTA - Chipset Snapdragon 8155 menjadi prosesor di balik ragam fitur canggih mobil listrik Chery Omoda E5 yang akan meluncur dalam waktu dekat di Indonesia.

Chip Snapdragon besutan Qualcomm itu akan dibenamkan di dalam head unit yang terpasang di bagian dashboard mobil listrik asal Tiongkok tersebut.

Menurut Sales Training Supervisor PT Chery Sales Indonesia, Wahyu Handaya, head unit Chery Omoda E5 tak hanya menawarkan akses hiburan tapi juga menghadirkan kemampuan mengontrol kendali di mobil.

"Memang sistem head unit ini tidak cuma untuk mengakses musik tapi bisa mengontrol berbagai fitur di kendaraan seperti mengontrol steer, mengatur ADAS (Advanced Driver Assistance System), mengatur rem," kata Wahyu dikutip Antara, Kamis (18/1).

Di atas kertas, chipset Snapdragon 8155 merupakan platform kokpit otomotif generasi terbaru yang dibangun pada arsitektur 7 nanometer (nm).

Baca Juga: Qualcomm Pamerkan Chip Snapdragon sampai Teknologi AI untuk Kendaraan

Chery Omoda e5 - bakabar.com
Chery Omoda E5. Foto: bakabar.com/DF

Nantinya, head unit Chery Omoda E5 memungkinkan bisa terhubung dengan layanan Android Auto dan juga Apple Car Play untuk para pengguna ponsel pintar berbasis Android maupun iOS.

Keunggulan chipset tersebut dari sisi fitur dapat untuk mengontrol mobil, melalui teknologi ADAS untuk berbagai skenario dengan total ada 17 fitur.

Fitur ADAS dapat diaktifkan untuk merasakan beberapa fungsi yang bekerja secara otomatis ataupun menjadi fungsi peringatan bagi pengendara saat melaju di jalan.

Sebut saja fitur "Blank Spot Detection Assist" dan "Rear Collision Warning".

Baca Juga: Chery Siap Bikin Pabrik di Indonesia, buat Basis Produksi Setir Kanan

Sementara untuk fungsi otomasi contohnya seperti "Autonomous Emergency Braking" dan "Adaptive Cruise Control".

Selain itu, keunggulan lainnya yang menambah nilai lebih dari head unit dan juga memiliki kesan futuristik berkat dibekali GPS berbasis satelit.

Nantinya, saat head unit tidak terhubung pada Android Auto maupun Apple Car Play pengendara tetap bisa memanfaatkan fitur GPS tanpa memerlukan koneksi internet.

Sebagai informasi, Chery Omoda E5 bakal segera meluncur di International Indonesia Motor Show (IIMS) 2024 pada 15-25 Februari 2024 di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Editor
Komentar
Banner
Banner