News

Celetuk Anak SD ke Jokowi: Kenapa Ibu Kota Tidak Dipindah ke Papua?

Kesia Olivia Ergor, seorang murid sekolah dasar (SD) menanyakan kenapa ibu kota tidak dipindahkan ke Papua kepada Presiden Joko Widodo.

Featured-Image
Presiden RI Joko Widodo berdialog dengan seorang anak sekolah dasar asal Papua di Jayapura, Papua, Jumat (7/7/2023). Foto: Setpres

bakabar.com, JAKARTA - Kesia Olivia Ergor, seorang murid sekolah dasar (SD) menanyakan kenapa ibu kota tidak dipindahkan ke Papua kepada Presiden Joko Widodo.

"Kenapa ibu kota tidak dipindahkan ke saja ke Papua?" Tanya murid asal Kota Sorong saat beraudiensi dengan Presiden Joko Widodo di Ballroom Cendrawasih, Swiss-Belhotel, Kota Jayapura, Jumat (7/7).

Jokowi beralasan dengan dipilihnya Ibu Kota Nusantara (IKN) yang berada di Kalimantan karena berkaitan dengan luasnya wilayah Indonesia.

"Dari Papua sampai ke Aceh, dari Sabang sampai Merauke," timpalnya.

Baca Juga: Jokowi Sebut Pemerintah Tak Diam Soal Penyanderaan Pilot Susi Air

IKN dipilih karena secara geografis terletak di tengah-tengah Indonesia. Dengan alasan itu, akan mempermudah akses dari sisi barat, timur, utara dan selatan Indonesia.

"Kalau dipilih yang timur, kalau ibu kotanya dipilih di Papua, yang dari Aceh ke Papua itu kalau ke sini jauh sekali, 9 jam dari Aceh ke Papua naik pesawat, lho itu. Kalau naik kapal bisa berminggu-minggu," ungkapnya.

Dengan dipilihnya IKN yang terletak di tengah-tengah Indonesia, akan membuat dari wilayah barat, timur, utara dan selatan akan dekat.

Baca Juga: Bandara Ewer, Jokowi: Ekonomi di Asmat Akan Semakin Meningkat

Jokowi mengapresiasi keberanian para pelajar ini untuk bertanya. Bahkan, juga memuji para pelajar tersebut sebagai pelajar yang pintar.

"Baik anak-anakku semuanya, terima kasih atas kehadirannya pada pagi hari ini dan semuanya semangat belajar semuanya, ya, dan hati-hati semuanya pulang sampai ke rumah masing-masing di kabupaten dan kotanya masing-masing," tutupnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner