Arus Balik 2023

Cegah Penumpukan Kendaraan, Pemudik Dapat Diskon Tarif Tol 20 Persen pada 27-29 April

Masyarakat yang melakukan perjalanan balik pada 27-29 April 202 akan mendapatkan diskon tarif tol sebesar 20 persen.

Featured-Image
Jalan Tol Cipularang-Purbaleunyi-Bandung akan diterapkan rekayasa lalu lintas pada mudik Lebaran 2023. (Foto: apahabar.com/BS)

bakabar.com, JAKARTA - Masyarakat yang melakukan perjalanan balik pada 27-29 April 2023 akan mendapatkan diskon tarif tol sebesar 20 persen. Dengan begitu, kemacetan dan penumpukan kendaraan dapat dihindari.

Langkah pemberian diskon tersebut agar masyarakat tidak melakukan perjalanan pada puncak arus balik yang diprediksi tanggal 24-25 April dan 30 April-1 Mei. Adapun sejumlah ruas jalan tol yang akan mendapatkan diskon tersebut dari arah Semarang hingga Jakarta dari semua ruas yang tersedia.

“Di semua ruas itu akan mendapatkan potongan 20%,” ujar Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy saat konferensi pers secara daring usai Rapat Koordinasi Persiapan Penanganan Arus Balik Idulfitri 2023, Minggu, (23/04).

Baca Juga: Menko PMK Imbau Masyarakat Kembali ke Jakarta 26-29 April

Muhadjir mengapresiasi PT Jasa Marga dan seleuruh operator jalan tol yang telah memberikan diskon tarif tol. Langkah tersebut dinilai tepat untuk menarik minat masyarakat agar melakukan perjalanan tidak pada saat puncak arus mudik maupun arus balik.

“Saya mengapresiasi inisiatif yang telah dilakukan Jasa Marga dalam memberikan dan seluruh operator jalan tol telah memberikan diskon 20% untuk ruas jalan Tol Semarang-Jakarta, yaitu mulai 20 April sampai 29 April 2023 dimulai jam 6 pagi dan diakhiri di jam 6 pagim,” katanya.

Untuk diskon tarif tol 20 persen, Menko PMK telah berkoordinasi dengan BUJT (Badan Usaha Jalan Tol) B dan para pengelola jalan tol. Hasilnya, telah disepakati untuk 20 persen untuk Tol Kalikangkung sampai dengan Cikampek dengan mengikuti jadwal yang telah ditetapkan Jasa Marga.

Baca Juga: H+2 Lebaran, Pengunjung Masjid Sheikh Zayed Mencapai 15 Ribu Lebih

Di kesempatan tersebut Muhadjir meminta Kapolri untuk memberikan instruksi kepada jajaranya agar menambah personel sejumlah rest area

"Manajemen arus lalu lintas di dalam rest area harus betul-betul diarahkan masuk ke dalam terlebih dahulu ketika buka tutup rest area," ujarnya.

Ia juga meminta pengelola jalan tol seluruh stakeholder untuk memberikan fasilitas umum yang memadai di rest area.

"Termasuk persiapan toilet kebersihan toilet kebersihan air serta keamanannya dan kesediaan bahan bakar BBM," pungkasnya.

Editor
Komentar
Banner
Banner