Bisnis

CATAT! Daftar Instansi yang Buka Formasi CPNS 2023 Lulusan SMA-SMK

Seleksi CPNS/CASN kembali digelar tahun ini. Pendaftaran akan dilaksanakan pada 17 September hingga 6 Oktober 2023.

Featured-Image
Ilustrasi Tes CPNS 2023. Foto-Kompas

apahabar,com, JAKARTA - Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil/Aparatur Sipil Negara (CPNS/CASN) kembali digelar tahun ini. Pendaftaran akan dilaksanakan pada 17 September hingga 6 Oktober 2023.

Tidak hanya sarjana, lulusan SMA sederajat juga mempunyai peluang mendaftarkan diri di Seleksi CPNS 2023. Ada beberapa instansi yang membuka kesempatan untuk formasi CPNS 2023 lulusan SMA-SMK.

BKN menekankan seluruh tahapan seleksi akan dilakukan melalui portal resmi yakni SSCASN. Pelamar bisa melihat lebih lengkap di laman resmi Jadwal Seleksi CASN.

Sebelumnya, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) telah menetapkan sebanyak 572.496 formasi lowongan CASN 2023.

Jumlah tersebut untuk formasi 72 instansi, di mana untuk pemerintah pusat sebanyak 78.862 ASN, dan pemerintah daerah sebanyak 493.634 ASN.

Untuk pemerintah daerah dialokasikan khusus sebanyak 296.084 PPPK Guru, 154.724 PPPK Tenaga Kesehatan, dan 42.826 PPPK Teknis.

Daftar Formasi CPNS 2023 Lulusan SMA-SMK

Melansir CNNIndonesia.com, berikut ini delapan instansi yang menerima CPNS 2023 untuk lulusan SMA dan sederajat.

1. Badan SAR Nasional
Badan SAR Nasional atau Basarnas membuka pendaftararan CPNS 2023 untuk lulusan SMA dengan tujuan mengisi posisi baru yang tersebar di seluruh Indonesia.

Untuk informasi selengkapnya, kamu bisa mengunjungi website resmi Basarnas atau akun Instagram-nya di @sar_nasional.

2. Kejaksaan Agung
Kejaksaan Agung atau Kejagung juga memberikan kesempatan bagi lulusan SMA atau sederajat untuk mendaftar pada CPNS 2023.

Adapun informasi mengenai CPNS di Kejagung dapat dicek di situs resmi Biro Kepegawaian Kejaksaaan.

3. Kementerian Hukum dan HAM
Formasi CPNS 2023 lulusan SMA-SMK selanjutnya adalah kesempatan bergabung di Kementerian Hukum dan HAM atau Kemenkumham.

Posisi jabatan yang dibutuhkan adalah sebagai penjaga tahanan. Informasi selengkapnya bisa mengunjungi situs CPNS Kemekumham.

4. Kementerian Lingkungan Hidup
Kementerian Lingkungan Hidup atau KLH juga turut membuka formasi CPNS untuk lulusan SMA atau sederajat.

Posisi yang tersedia adalah polisi hutan yang berkaitan dengan kehutanan dan pertanian. Informasi selengkapnya dapat dicek di situs CASN Menlhk.

5. Kementerian Perhubungan
Kementerian Perhubungan atau Kemenhub membuka pendaftaran CPNS 2023 untuk lulusan SMA dan sederajat dengan jumlah formasi sekitar 684. Informasi mengenai pendaftaran, dapat dicek situs di CPNS Kementerian Perhubungan.

Posisi yang tersedia di antaranya adalah bidang penerbangan, petugas Avsec, teknisi penelitian dan perekayasaan, petugas pertolongan kecelakaan penerbangan, dan petugas pemadam kebakaran.

6. Kementerian Pertahanan
Kementerian Pertahanan alias Kemenhan juga akan membuka formasi CPNS 2023 untuk lulusan SMA. Posisi jabatan yang tersedia adalah pengemudi ambulans dan kataloger pemula.

Untuk informasi selengkapnya mengenai pendaftaran dan lainnya, dapat memantau situs Kementerian Pertananan.

7. Kementerian Pertanian
Kementerian Pertanian juga memberikan kesempatan pada calon pendaftar lulusan SMA untuk beberapa formasi yang dibutuhkan.

Informasi mengenai pendaftaran dapat dicek di situs CASN Kementerian Pertanian.

Syarat Pendaftaran CPNS 2023 Lulusan SMA-SMK

Berikut syarat yang wajib dipenuhi calon pelamar CPNS lulusan SMA, merujuk pada Peraturan menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Ri Nomor 27 Tahun 2021 tentang Pengadaan PNS.

Sebagai informasi tambahan, setiap formasi dan instansi mungkin menambahkan persyaratan khusus sesuai bidang dan keahlian yang dibutuhkan. Sebelum mendaftar pastikan selalu rutin melakukan pengecekan informasinya di website atau media sosial resmi instansi yang ingin dilamar.

1. Syarat umum
- Usia paling rendah 18 tahun dan paling tinggi 35 tahun saat melamar.

- Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang    sudah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana dengan    pidana penjara 2 tahun atau lebih.

- Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan atau tidak         dengan hormat sebagai PNS, prajurit TNI, anggota Polri, atau diberhentikan tidak  dengan hormat sebagai pegawai swasta.

- Tidak berkedudukan sebagai calon PNS, PNS, prajurit TNI, atau anggota Polri.

- Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis.

- Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan.

- Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan jabatan yang dilamar.

- Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah NKRI atau negara lain yang ditentukan oleh instansi pemerintah.

- Persyaratan lain sesuai kebutuhan jabatan yang ditetapkan oleh PPK.

2. Syarat dokumen

- Ijazah SMA/sederajat yang terdaftar di kementerian yang menyelenggarakan  urusan pemerintahan di bidang pendidikan, kebudayaan, ilmu pengetahuan, dan teknologi dan/atau kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang keagamaan.

- Salinan akta lahir
- Salinan KTP
- Daftar riwayat hidup
- Pas foto ukuran 3x4
- Surat lamaran

Demikian formasi CPNS 2023 lulusan SMA, SMK, dan sederjat. Semoga bermanfaat.

Editor


Komentar
Banner
Banner