Musim Haji 2023

Calon Jemaah Haji Asal Garut Tiba di Asrama Bekasi, 35 Persen Berusia Lansia

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Barat, Ajam Mustajam mengatakan 392 jemaah calon haji kelompok terbang (kloter) 1 yang berasal dari Kabupaten Garut

Featured-Image
Jemaah calon haji asal Kabupaten Garut tiba di Asrama Haji Embarkasi Jakarta-Bekasi, Selasa (23/5). (Foto: apahabar.com/Mae Manah)

bakabar.com, BEKASI - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Barat, Ajam Mustajam mengungkapkan sebanyak 392 jemaah calon haji kelompok terbang (kloter) 1 yang berasal dari Kabupaten Garut telah tiba di Asrama Haji Embarkasi Jakarta-Bekasi, Selasa (23/5).

Pantauan bakabar.com di lokasi, sekitar pukul 12.00 WIB, jemaah calon haji mengenakan baju didominasi warna biru. Sembari menunggu keberangkatan, beberapa jemaah ada yang sedang periksa kesehatan.

Sebanyak 392 jemaah calon haji asal Kabupaten Garut itu akan diberangkatkan Rabu (24/5), bersamaan dengan calon jemaah haji asal Kabupaten Subang.

Baca Juga: 144 Calon Jemaah Haji Korban Gempa Cianjur Batal Berangkat ke Tanah Suci

“Alhamdulillah penyelenggaran haji tahun 2023 hari ini sudah dimulai dari embarkasi Jkt-Bks itu hari ini akan memberangkatkan dua kloter yang pertama itu kloter satu dari Garut dan kloter dua dari Kabupaten Cianjur,” kata Ajam, di Asrama Haji Bekasi, Selasa (23/5).

Para calon jemaah haji tahun ini sebanyak 35 persennya merupakan kategori lansia dengan usia lebih dari 70 tahun. Bahkan calon jemaah haji tertua ada yang berusia 96 tahun.

“Nantinya para lansia akan didampingi oleh petugas Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH),” terangnya.

Baca Juga: 472 Calon Jemaah Haji Asal Cianjur Diberangkatkan ke Tanah Suci

Pelayanan calon jemaah haji tahun ini memang diprioritaskan untuk lansia. Maka berbagai persiapan juga telah dipersiapkan, termasuk kesiapan petugas yang nanti mendampingi.

“Karena ini tagline-nya ramah lansia dan haji berkeadlilan jadi petugas itu harus siap. Bukan hanya memberi tausiyah atau bimbingan saja, tapi seluruh petugas siap menggendong, kalo makan, siap menyuapi,” jelasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner