Hot Borneo

Buruan Bikin KTP! Banjarmasin Punya 10 Ribu Blangko Siap Cetak

apahabar.com, BANJARMASIN – Sempat kosong, warga Kota Banjarmasin kini bisa memperbarui ataupun membikin baru Kartu Tanda…

Featured-Image
ILUSTRASI petugas Disdukcapil. Foto: Istimewa

bakabar.com, BANJARMASIN – Sempat kosong, warga Kota Banjarmasin kini bisa memperbarui ataupun membikin baru Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Diketahui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Banjarmasin mempunyai 10 ribu keping blangko dan siap dicetak.

"Sempat kosong di Ramadan tadi, tapi karena pelayanan masyarakat, terpaksa kita mengeluarkan surat keterangan sementara untuk warga," ujar Plt Kadisdukcapil Banjarmasin, Madyan, Selasa (7/6).

Madyan menyampaikan jumlah blanko KTP tersebut diambil dari Direktorat Jendral Kependudukan Dan Catatan Sipil (Ditjen Dukcapil).

Pihaknya hanya perlu mengajukan surat permohonan dengan lampiran warga punya surat keterangan sementara.

"Terhutang ‘lah kita, apabila tersedia di sana banyak, insyaallah dibaginya banyak juga," tuturnya.

Jika kembali habis, ia menerangkan itu tidak hanya terjadi di Banjarmasin. Setiap daerah di Indonesia pun mengalami hal serupa.

"Semua ribut, di Surabaya juga sempat ribut karena berbulan-bulan tidak ada blangko, jadi pakai surat sementara aja," jelasnya.

Selain itu, ia mengatakan bahwa warga juga bisa mengolah KTP di setiap kecamatan lokasi tempat tinggalnya. Tiap kecamatan memiliki 500 keping blanko.

"Nanti kalau mau habis, ambil lagi di Disdukcapil," pungkasnya.

Diketahui, jumlah warga Banjarmasin yang sudah mempunyai KTP sekitar 97 persen. Jumlah tersebut belum dihitung dengan warga yang belum menginjak usia 17 tahun.



Komentar
Banner
Banner