Pemkab Tanah Laut

Bupati Tala Rangkul IDI Siapkan Tenaga Dokter di Rumah Sakit Baru

Bupati Tanah Laut HM Sukamta merangkul Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) Pusat meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

Featured-Image
Bupati Tala HM Sukamta menerima plakat penghargaan dari DR dr Moh Adib Khumaidi, SpOT Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia. Foto: Prokopimda Tala

bakabar.com, PELAIHARI - Bupati Tanah Laut HM Sukamta merangkul Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) Pusat meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

Hal itu disampaikannya pada kegiatan Manunggal Tuntung Pandang (MTP) ke-116 di Desa Pandahan, Kecamatan Bati-Bati, Jumat (19/5/2023).

MTP di Desa Pandahan kali ini berkolaborasi dengan pengurus IDI Kalimantan Selatan dan IDI Cabang Tanah.

Digelar masih dalam rangkaian acara puncak Hari Bakti Dokter Indonesia (HBDI) Ke 115 tahun 2023.

Sukamta mengungkapkan saat Pemkab Tala sedang membangun rumah sakit baru di Kecamatan Bumi Makmur.  Sehingga akan ada tiga rumah sakit dengan RSUD H Boejasin sebagai pusatnya.

Rumah sakit baru itu, kata dia, memerlukan tenaga dokter tambahan. Karena itu, ia berharap IDI Pusat bisa membantu agar bersedia tenaga dokter untuk meningkatkan layanan kesehatan masyarakat.

Sukamta menegaskan, bahwa pelayanan kesehatan adalah salah satu prioritas kebijakan pemerintahannya. Hal ini terbukti dengan penambahan rumah sakit baru dan status Tala yang saat ini sudah berstatus Universal Health Coverage (UHC).

"Selama 5 tahun pemerintahan kami, pelayanan kesehatan termasuk prioritas dan sadar masa depan Tala ditentukan sejauh mana bisa melahirkan generasi-generasi yang sehat, sehingga bisa produktif dan bisa melanjutkan pembangunan dengan baik," ungkapnya.

Sejak tahun 2020 sudah UHC dengan presentase 98,2% dan ini tentunya tidak lepas dari sinergitas yang baik antara Pemkab Tala dengan IDI.

Diketahui pada kegiatan tersebut, diadakan layanan gratis dari SKPD pada kegiatan MTP, berbagai layanan kesehatan gratis beserta dokter spesialis pun disediakan bagi masyarakat yang memerlukan.

Pada kesempatan ini Bupati Sukamta bersama jajaran pengurus IDI juga melakukan peresmian jamban sehat dan sumur air bersih (sumur bor).

Acara tersebut di hadiri DR dr Moh Adib Khumaidi, SpOT Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia beserta jajaran, dr. Sigit Prasetia Kurniawan, Sp.PD, K-HOM, FINASIM Ketua IDI Wilayah Kalimantan Selatan, dr. Irwan Setiawan Syah Ketua IDI Cabang Tanah Laut.Vice President Danone Indonesia Vera Galuh Sugianto.

Selain itu hadir juga, para kepala SKPD, Camat Bati-Bati Ade Gumilar, para kepala desa dan masyarakat sekitar.

Editor


Komentar
Banner
Banner