Pemkab Banjar

Bupati Saidi Ikut Memusnahkan Barbuk Perkara Pidana di Kejari Banjar

Bupati Banjar H Saidi Mansyur ikut memusnahkan sejumlah barang bukti (barbuk) dari perkara pidana yang sudah inkrah, yang digelar Kejaksaan Negeri Banjar.

Featured-Image
Kejaksaan Negeri Banjar memusnahkan barbuk perkara bersama forkopimda, Kamis (13/10). foto-MC Kominfo Banjar.

bakabar.com, MARTAPURA - Bupati Banjar H Saidi Mansyur ikut memusnahkan sejumlah barang bukti (barbuk) yang digelar Kejaksaan Negeri Banjar, Kamis (13/10).

Barang bukti paling banyak adalah jenis narkoba, yakni sabu 125,5 gram, 796 butir Dextromethopan, 13 butir Karisoprodol, 12 sajam, 26 timbangan digital, 13 lembar pakaian, 81 unit handphone, serta 1 kartu ATM, serta jamu ilegal.

Kegiatan pemusnahan di halaman Kantor Kejari itu dipimpin Kepala Kejari Banjar, M Bardan, dan dihadiri Kapolres AKBP Doni Hadi Santoso, Ketua DPRD HM Rofiqi, Ketua Pengadilan Negeri Martapura, perwakilan Kodim 1006 Banjar, Kepala Rupbasan Kelas I Banjarmasin, Kepala BPOM Banjarmasin, Kepala BNN Kota Banjarbaru dan perwakilan Fakultas Hukum ULM.

Kajari Banjar M Bardan mengatakan barang bukti ini merupakan perkara tidak pidana dalam kurun 2 tahun terakhir dengan total 157 putusan. Ini merupakan pemusnahan yang kedua.

"Hampir 80 persen dari perkara narkotika dan 20 persen dari perkara penganiayaan atau kekerasan," ujar Bardan.

Bardan menambahkan pemusnahan adalah sebagai wujud eksekusi dari setiap putusan yang sudah inkrah.

Bupati Banjar H Saidi Mansyur mengapresiasi kegiatan pemusnahan barang bukti tersebut. Saidi bilang pihaknya juga menindaklanjuti dalam berperan serta pencegahan narkoba.

Bupati Banjar ikut memusnahkan barang bukti yang digelar Kejaksaan Negeri Banjar, Kamis (13/10). foto-MCKominfo Banjar
Bupati Banjar ikut memusnahkan barang bukti yang digelar Kejaksaan Negeri Banjar, Kamis (13/10). foto-MCKominfo Banjar

"Kami akan tindaklanjuti melalui dinas terkait dalam pencegahan narkoba dan berharap bisa kita antisipasi, sehingga Kabupaten Banjar layak untuk didatangi dan dijumpai apalagi saat ini kita dalam pelaksanaan menyambut MTQ Nasional," imbuhnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner