Pemkab Balangan

Bupati Abdul HAdi Apresiasi Balida Jadi Percontohan Desa Ekosistem Keuangan Inklusif di Balangan

Peluncuran ekosistem keuangan inklusif di Desa Balida Balangan Minggu (22/10/2023).

Featured-Image
Bupati Balangan Abdul Hadi saat menyampaikan sambutan pada acara peluncuran Ekosistem Keuangan Inklusif di Desa Balida. Foto: Pemkab Balangan

bakabar.com, PARINGIN - Bupati Balangan H Abdul Hadi, mengapresiasi Desa Balida, Kecamatan Paringin, yang dipilih sebagai desa percontohan untuk peluncuran ekosistem keuangan inklusif, Minggu (22/10/2023).

Mudahan-mudahan semakin banyak masyarakat memahami produk jasa keuangan, semakin banyak transaksi, semakin banyak uang beredar, semakin tumbuh perekonomian Kabupaten Balangan,” kata Bupati Abdul Hadi dalam sambutannya.

Dia menjelaskan salah satu visi misinya dalam membangun desa menata kota, adalah pertumbuhan ekonomi berbasis pertanian, perkebunan dan UMKM.

“Alhamdulillah tahun 2023 sudah mulai terlihat penataan Kota Balangan, ada tujuh kegiatan penataan kota yang sedang dikerjakan,” ujar Bupati Abdul Hadi.

Terkait pembangunan desa, disebutkan di antaranya pembangunan di bidang pertanian, tahun ini ada 436 jalan usaha tani dan jalan produksi yang di bangun.

“Kita ingin pertumbuhan UMKM kita semakin cepat, maka diluncurkan program Sanggam Babungas atau Bausaha Bebas Bunga dan Biaya Administrasi,” terangnya.

Program ini tambahnya, tidak ada di tempat lain, masyarakat bisa pinjam duit dengan maksimal Rp 0 juta tanpa biaya sedikitpun. Karena peminatnya banyak sekali, dan dana tahap awal terbatas, terhitung hingga hari ini sudah 4 miliar dana diluncurkan.

Disebutkan, di Bank Perkreditan Rakyat (BPR) pinjaman maksimal Rp 20 juta, tahap pertama ada 4 miliar yang digulirkan.

“Kemarin kita ada pembicaraan dengan PT Adaro yang Insya Allah siap berbagi dana CSR utk pengembangan UMKM,” ungkapnya.

Diharapkan Abdul Hadi, dana CSR segera diserahkan ke Bank Kalsel untuk tambahan 4 miliar lagi yang disalurkan ke UMKM masyarakat.

“Mudahan-mudahan dengan adanya pinjaman tanpa bunga bisa mendorong UMKM lebih giat lagi mengembangkan usahanya,” pungkasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner