Tak Berkategori

Bukan Fashion Ikon Biasa, Celana Jeans Dibuat untuk Merekam Sejarah

apahabar.com, JAKARTA – Ketika melihat tukang jahit keliling, mungkin tulisan yang ikonik pada gerobak mereka adalah…

Featured-Image
Ilustrasi sejarah celana jeans dari awal pembuatannya (Foto: dok.okezone)

bakabar.com, JAKARTA - Ketika melihat tukang jahit keliling, mungkin tulisan yang ikonik pada gerobak mereka adalah vermak Levi's.

Levi's sendiri merujuk kepada salah satu merek dari perusahaan pakaian yang menjadikan produk celana jeans sebagai keunggulan mereka.

Menjadi unggulan karena memang sejatinya Levi's merupakan seseorang yang pertama kali memperkenalkan celana jeans.

Dari yang mulanya hanya dipakai untuk pekerja kasar, sampai akhirnya jenis celana ini masih digunakan hingga sekarang oleh hampir semua kalangan.

Untuk itu mari berkenalan dengan sosok yang satu ini dan bagaimana bisa celana buatannya bertahan hingga sekarang.

Levi Strauss Pembuat Celana Jeans

Jika ada pertanyaan mengapa celana jeans diberi merek Levi's, itu karena orang bernama Levi Strauss yang pertama kali membuat celana ini. Ia adalah seorang pria asal Bavaria yang lahir pada tahun 1829.

Sebelum menginjak usia 22 tahun, dirinya bersama dengan ibu dan 2 orang saudarinya memutuskan untuk pindah ke Amerika Serikat.

Di mana saat itu negeri Paman Sam memang sedang marak dengan pekerjaan menambang emas.

Mendengar para penambang mengeluhkan celana mereka yang seringkali rusak, membuat Levi terpikirkan pada sebuah ide.

Dia pun menyewa seorang penjahit bernama Jacob Davies untuk bekerjasama membuat celana yang punya daya tahan tinggi.

Kerjasama mereka membuahkan hasil dengan membuat celana dari bahan denim yang dinilai lebih kuat.

Selain itu penambahan rivet atau kancing logam untuk menyatukan bahan denim, membuatnya semakin tahan terhadap musim maupun aktivitas ekstrem.

Hasilnya celana ini mendapat sambutan baik dari para penambang, dan membuatnya sangat identik dengan mereka.

Jeans pada Perang Dunia II

Setelah identik dengan celananya para penambang, ternyata pada masa perang dunia, celana ini juga dipakai oleh militer AS ketika tidak sedang bertugas.

Sampai pada tahun 1950, salah satu artis Amerika, James Dean terlihat menggunakan celana jeans. Hal tersebut membuat kalangan anak muda di Amerika menjadikan celana tersebut sebagai barang yang wajib untuk dimiliki.

Beda Jeans dengan Denim

Hingga saat ini masih banyak ditemukan masyarakat yang mengira jika jeans dan denim adalah jenis yang sama. Padahal kedua sebutan ini memiliki arti yang berbeda, walaupun masih memiliki hubungan.

Denim adalah sebutan untuk bahan yang digunakan untuk membuat jeans, namun dalam perkembangannya, denim tidak hanya dibentuk menjadi celana jeans saja. Sebab beberapa produk seperti jaket, topi, dompet juga bisa dibuat dari bahan ini.

Sedangkan jeans merupakan sebuah celana atau produk yang sudah jadi dan terbuat dari bahan denim. Artinya semua jeans sudah pasti denim tapi denim tidak secara spesifik mengarah pada jeans.

Komentar
Banner
Banner