tips kesehatan

Bukan Egois! Ini 5 Cara Mencintai Diri Sendiri yang Menyehatkan

Tanpa disadari, untuk sebagain orang, mencintai orang lain bisa jadi lebih gampang ketimbang mencintai diri sendiri, bahkan sulit menerima kekurangan diri.

Featured-Image
Ilustrasi mencintai diri sendiri. Foto: dok. Orami)

bakabar.com, JAKARTA – Tanpa disadari, untuk sebagain orang, mencintai orang lain bisa jadi lebih gampang ketimbang mencintai diri sendiri, bahkan sulit menerima kekurangan diri hingga merasa insecure dengan apa yang orang lain punya. 

Padahal, mencintai diri sendiri sama pentingnya dengan menjalin silaturahmi dengan orang lain. Caranya pun terbilang mudah dan sederhana.

Mencintai diri sendiri atau selflove bukan berarti Anda egois dan mengembangkan kepribadian narsisistik yang menyimpang.

Justru, selflove adalah upaya menerima segala kelebihan tanpa merasa tinggi hati serta berlapang dada untuk merangkul semua kekurangan diri tanpa ditutupi. Sederhananya, mencintai diri sendiri haruslah sepenuh hati dan tanpa syarat.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut merupakan berbagai cara mencintai diri sendiri yang bisa Anda lakukan:

Memenuhi Kebutuhan Diri

Langkah penting untuk bersahabat dengan diri sendiri ialah dengan memerhatikan kebutuhan fisik, rohani, psikis, dan juga mental.

Cobalah untuk lebih menjaga kesehatan dengan cukup tidur 7–8 jam semalam, makan teratur tiga kali sehari, olahraga, hingga meluangkan waktu untuk meredakan stres dan beribadah.

Sediakan 'Me Time'

Walaupun sulit dilakukan, cobalah meluangkan waktu untuk melakukan hal yang Anda sukai. Bila perlu, perioritaskan aktivitas yang membuat Anda senang dan bahagia setiap harinya.

Anda bisa berjalan-jalan, olahraga, membaca buku, mendengarkan musik, atau apa pun yang Anda suka sendirian. Hal ini untuk sedikit memberi ruang dari kerjaan atau rutinitas yang mengepung diri.

Kendati terkesan remeh, cara ini sangat efektif untu membantu agar merasa rileks dan meredakan stres, sekaligus membawa kepuasan tersendiri.

Luapkan Isi Hati

Jika Anda sedang mengalami sebuah kejadian yang memicu kesedihan, kemarahan, atau kekecewaan, jangan memendamnya. Meluapkan isi hati bisa menjadi salah satu cara untuk melepaskan emosi yang terpendam dalam diri.

Anda bisa meluapkannya dengan menulis di buku harian atau berbicara dengan diri sendiri, baik di dalam hati, di kamar mandi, atau di depan cermin.

Nah, ketika bicara sendiri, cobalah menempatkan diri sebagai orang lain yang tengah berdialog. Isi obrolan ini akan melatih Anda agar lebih bisa menilai diri sendiri secara objektif.

Alhasil, Anda jadi lebih fokus dan termotivasi untuk menjadi lebih baik lagi.

Hindari Relasi Beracun

Salah satu cara untuk mencintai diri sendiri yakni dengan berada di antara orang-orang yang positif dan menyayangi Anda.

Berkumpul dengan orang-orang yang positif bisa membawa suasana dan kebiasaan yang positif pula pada diri Anda. Hal ini bisa membuat diri Anda jadi lebih baik. Sebaliknya, akhiri semua hubungan toksik yang justru merugikan Anda.

Waktu Khusus tanpa Gadget

Berikan waktu kepada diri sendiri untuk beristirahat dari melihat layar ponsel atau laptop. Penggunaan gawai karena pekerjaan atau lingkungan sosial memang kerap menguras pikiran.

Sebagai gantinya, Anda bisa bertemu teman atau melakukan hal baru yang mengasah kreativitas. Cara ini dapat membantu Anda beraktivitas tanpa harus melibatkan gawai elektronik.

Itulah beberapa cara sederhana yang bisa Anda terapkan untuk menunjukkan rasa cinta terhadap diri sendiri. Selamat mencoba!

Editor


Komentar
Banner
Banner